Pengertian Metode Pembelajaran OK5R

Diposting pada

Pengertian Metode Pembelajaran OK5R – Menurut Trianto (2014 : 150-153) Metode OK5R oleh Walter Pauk direktur reading study center cornell university Metode OK5R. Metode mambaca buku untuk kepentingan studi yang terdiri atas tahap overview, key ideas, read, record, recite, review, dan reflect. Tahapan dalam metode ini hampir sama dengan tahapan metode SQ3R. Tahap yang sama adalah read, recite, review, dan overview (menyelidiki) sama dengan survai. Tahap yang tidak sama adalah key ideas, record, dan reflect.

Key ideas (ide-ide kunci) merupakan kegiatan membaca untuk memisah-misahkan ide-ide atau pikiran-pikiran utama dari kumpulan ide-ide penjelas.Record merupakan kegiatan membuat catatan-catatan atau menandai bacaan pada margin-margin dan membuat ringkasan ide-ide pokok yang ada pada setiap bab.Reflect merupakan kegiatan merenungkan kembali hal-hal yang telah dibacanya. Ide-ide pokok yang ada dalam bacaan dipikirkan lebih mendalam, dibanding-bandingkan antara ide pokok yang satu dengan ide pokok yang lain dengan melihat persamaan dan perbedaannya, dihubung-hubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki pembaca dari sumber lain, dan menyusun kebulatan yang lebih besar. Tahap ini sama dengan membaca kritis. Metode mambaca buku untuk kepentingan studi yang terdiri atas tahap overview, key ideas, read, record, recite, review, dan reflect. Tahapan dalam metode ini hampir sama dengan tahapan metode SQ3R. Tahap yang sama adalah read, recite, review, dan overview (menyelidiki) sama dengan survai. Tahap yang tidak sama adalah key ideas, record, dan reflect. Key ideas (ide-ide kunci) merupakan kegiatan membaca untuk memisah-misahkan ide-ide atau pikiran-pikiran utama dari kumpulan ide-ide penjelas. Record merupakan kegiatan membuat catatan-catatan atau menandai bacaan pada margin-margin dan membuat ringkasan ide-ide pokok yang ada pada setiap bab.Reflect merupakan kegiatan merenungkan kembali hal-hal yang telah dibacanya. Menurut Trianto, (2009 : 150-153)

  1. Overview adalah siswa membaca secara cepat untuk memperoleh gambaran besar mengenai ide-ide yang dibahas dalam bacaan.
  2. Key ideals adalah (ide-ide kunci) siswa membaca dan  memisah-misahkan ide-ide atau pikiran-pikiran utama dari kumpulan ide-ide penjelas.
  3. Read adalah siswa membaca karangan ini secara aktif dan siswa memberikan reaksi terhadap apa yang dia baca dan tidak membuat catatan panjang
  1. Record  pada tahap ini siswa diminta menggaris bawahi hal-hal penting dalam bacaan
  2. Recite  siswa diminta untuk mengingatkan kembali informasi yang telah dipelajari
  3. Review siswa diminta memceritakan kembali inti sari yang telah dibuatnya dalam sebuah bacaan
  4. Reflect  pada tahap ini siswa diminta merenungkan kembali apa yang telah mereka baca sehingga dapat mengaitkan subtopik-subtopik dalam teks bacaan bacaan Legenda.
Baca Juga:   Pengertian Metode Percobaan (Eksperimen)

 Demikian artikel singkat tentang Pengertian Metode Pembelajaran OK5R semoga dapat dijadikan referensi, dan jika artikel singkat ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.