Pengertian Metode Diskusi

Diposting pada

Pengertian Metode Diskusi – Menurut Djamarah (2006: 87), “Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran,dimana siswa-siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang biasa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama”. Metode diskusi adalah  metode mengajar yang sangat erat hubungan nya dengan belajar memecahkan masalah (problem solving).

Teknik diskusi adalah salah satu teknik belajarmengajar yang dilakukan seorang guru di sekolah. Didalam diskusi ini proses belajar mengajar terjadi, dimana interaksi antara dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar menukar pengalaman, informasi, memecahkan masalah, dapat terjadi juga semuanya aktif, tidak ada yang aktif sebagai pendengar saja.

Metode diskusi ialah metode menyajikan pelajaran dimana siswa dihadapkan kepada suatu masalah untuk dipecahkan bersama dalam bentuk kelompok dan juga dapat menyimpulkan hasil diskusi nya. Dalam penelitian ini siswa diminta untuk membentuk kelompok dan duduk besama dalam kelompok masing-masing,untuk mendengarkan penjelasan materi fotosintesis yang disampaikan oleh guru. Siswa mendengarkan penjelasan dengan baikagar mereka dapat menjawab pertanyaan dari guru ketika ditanya. Setelah materi selesai, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan tentang materi pelajaran yang belum dipahami, dan memberikan jawaban yang memuaskan atas pertanyaan siswa.

Kemudian siswa masuk kedalam kelompok-kelompok belajar sesuai dengan metode diskusi yang digunakan, sementara itu guru memberikan lembar latihan untuk didiskusikan secara berkelompok. Guru membimbing siswa dalam kegiatan diskusi kelompok, apabila sudah selesai mengejakan tugas kelompok, satu orang siswa diminta untuk mempersentasikan hasil diskusi nya mewakili masing-masing kelompok. Guru biasanya membimbing peserta didik untuk merangkum materi pelajaran agar dapat lebih mudah dipahami oleh siswa sehingga dapat di ingat dengan baik.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Metode Pembelajaran Ceramah Bervariasi
  1. Ciri-ciri diskusi
  1. Terdiri dari beberapa orang, bisa lebih dari dua orang.
  2. Ada permasalahan yang sedang dicarikan solusi pemecahannya.
  3. Ada yang menjadi pemimpin.
  4.  Ada proses tukar pendapat atau informasi.
  5.  Menghasilkan rumusan alternatif pemecahan masalah yang sedang dibahas.
  1. Langkah-langkah metode diskusi
  1. Persiapan perencanaan diskusi:
  1. Tujuan diskusi harus jelas,agar pengarahan diskusi lebih terjamin.
  2. Peserta diskusi harus memenuhi persyaratan tertentu,dan jumlahnya disesuaikan dengan sifat diskusi itu sendiri.
  3. Penentuaan rumusan masalah yang akan didiskusikan harus jelas.
  4. Waktu dan tempat itu sendiri harus tepat sehingga tidak akan berlarut-larut.
  1. Pelaksanaan diskusi
  1. Membuat struktur kelompok(pimpinan,sekretaris,anggota).
  2. Membagi tugas dalam diskusi.
  3. Meransang peserta didik untuk berpartisipasi.
  4. Mencatat ide-ide atau saran yang penting.
  5. Menghargai setiap pendapat yang diajukan peserta.
  6. Menciptakan situasi yang menyenangkan.
  1. Tindak lanjut diskusi
  1. Membuat kesimpulan/laporan diskusi.
  2. Membaca kembali hasilnya untuk diadakan koreksi seperlu nya.
  3. Membuat penilaian terhaap pelaksanaan diskusi tersebut untuk dijadikan bahan pertimbangan dan perbaikan pada diskusi yang akan datang.
  1. Manfaat dan tujuan metode diskusi
  1. Soal-soal yang dipecahkan sebaiknya diserahkan dengan murid.
  2. Untuk mencari keputusan dalam suatu masalah.
  3. Untuk menimbulkan kesanggupan pada anak didik dalam merumuskan pikirannya secara teratur sehingga dapat diterima oleh orang lain.
  4. Untuk membiasakan peserta didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya sendiri,dan membiasakan bersifat toleransi.
  1. Kelemahan metode diskusi
  1. Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar.
  2. Pembicaraan terkadang menyimpang, sehingga memerlukan waktu yang panjang.
  3. Mungkin dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri.
  4. Peserta mendapat Informasi yang terbatas.
  1. Kelebihan metode diskusi
  1. Merangsang kreativitas siswa dalam bentuk ide, gagasan – prakarsa, dan terobosan baru dalam pemecahan suatu masalah.
  2. Mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain
  3.   Memperluas wawasan
  4.  Membina untuk terbiasa musyawarah untuk memperkuat dalam memecahkan
Baca Juga:   Pengertian Metode Brainstorming

 Sekian artikel singkat tentang Pengertian Metode Diskusi semoga dapat menjadi referensi bagi anda, dan jika artikel ini dianggap bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.