Pengertian Menulis

Diposting pada

Pengertian Menulis – Pengertian menulis menurut beberapa ahli (Kasupardi, 2010: 4) :

  1. Musaba, menulis adalah berarti melahirkan atau mengungkapkan pikiran atau perasaan melalui suatu lambang (tulisan).
  2. Tarigan, menulis adalah menurunkan atau melikiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahan yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut sepanjang mereka memahami bahasa dan gambaran-gambaran tersebut.
  3. Facruddin Ambo Enre, menulis adalah merupakan kemampuan mengungkapkan pikiran dan jug perasaan dalam tulisan yang efektif.
  4. Sabir, menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, secara tatap muka dengan orang lain.
  5. Takala, menulis merupakan sistem yang konvensional yang dapat dilihat dan dibaca.

Dengan memperhatikan pendapat-pendapat di atas mengenai menulis, maka dapatlah ditarik kesimpulan, menulis pada hakikatnya adalah suatu proses yang menggunakan lambang-lambang (huruf) untuk meyusun, mencatat, dan mengkomunikasikan serta dapat menampung aspirasi yang dapat menghibur, memberi informasi, dan menambah pengetahuan. Menulis dapat juga disimpulkan sebagai berikut :

  1. Merupakan suatu bentuk komunikasi
  2. Merupakan proses pemikiran yang dimulai dengan pemikiran tentang gagasan yang akan disampaikan,
  3. Adalah bentuk komunikasi yang berbeda dengan bercakap-cakap, dalam tulisan tidak terdapat intonasi ekspresi wajah, gerak fisik, serta situasi yang meyertai percakap.
  4. Merupakan suatu ragam komunikasi yang perlu dilengkapi dengan alat-alat penjelas serta aturan ejaan dan tanda baca,
  5. Merupakan bentuk komunikasi untuk meyampai kan gagasan penilis kepada khalayak pembaca yang dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu. (Kasupardi, 2010:5).
  1. Tujuan Menulis
Baca Juga:   Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Masalah Sosial

Menurut Endang Kasupardi (2010: 8)secaragaris besartujuan menulis adalah mengekspresikan perasaan,memberi informasi,mempengaruhi pembacadan memberi hiburan. Dalam satu tulisan, tidak menutup kemungkinan memiliki lebih dari satu tujuan,misalnya saja seorang penulis ingin memberikan informasi sekaligus ingin mempengaruhi pembaca.

  1. Manfaat Menulis

Menulis merupakansuatukegiatan yang mempunyaibanyak manfaat yang dapatditerapkanolehpenulisitusendiri.MenurutEndang Kasupardi (2010: 9-10) ada beberapa manfaat menulis antara lain yaitu:

  1. Wawasan anda tentang topik itu bertambah luas dan dalam
  2. Untuk menulis tentang sesuatu anda terpaksa belajar tentang sesuatu itu serta berpikir/bernalar. Anda mengumpulkan fakta menghubung-hubungkan, serta menarik kesimpulan
  3. Menulis berarti meyusun gagasan secara runtut dan sistematis. Dengan demikian anda menjelaskan sesuatu yang semula masih samar bagi diri anda
  4. Jika anda menulis, anda menuangkan gagsan anda ke atas kertas, sehingga ada jarak antara anda dan gagasan itu. Dengan demikian, anda akan lebih mudah dalam menilai gagasan anda
  5. Dengan menuliskan permasalahan di atas kertas, anda lebih mudah memecahkannya
  6. Tugas menulis mengenai suatu topik memaksa anda belar aktif dan kegiatan menulis yang terencana akan membiasakan anda berfikir dan berbahasa tertib.

Dari pendapat diatas,jelas bahwa melalui menulis seseorang akan mampu mengenalipotensi yang dimilikinya.Penulisakanmengetahuisampaidimana pengetahuannyatentangsuatutopikataubahan yang akandibuattulisan,untuk mengembangkan topik tersebut, penulis harus berpikir, menggali pengetahuan dan pengalamannya.

  1. Unsur-unsur dalam Menulis

Dalam membuatsebuahtulisan,diperlukanbeberapaunsuryang harus diperhatikan. Menurut Erlin(The Liang Gie, 1992: 17-18), unsur menulis terdiri atas gagasan, tuturan (narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi), tatanan, dan wahana.

Baca Juga:   Teori Tentang Keterlibatan Orang Tua

  • Gagasan

Topik  yang  berupa  pendapat,  pengalaman,  atau  pengetahuan seseorang. Gagasan seseorang  tergantung  pengalaman masa  lalu  atau  pengetahuan yang dimilikinya.

  • Tuturan

Merupakan  pengungkapan  gagasan  yang  dapat  dipahami  pembaca. Ada  bermacam-macam  tuturan,  antara  lain  narasi,  deskripsi,  dan eksposisi, argumentasi, dan persuasi.

  • Tatanan

Tatanan  merupakan  aturan  yang  harus  diindahkan  ketika  akan menuangkan  gagasan.  Berarti  ketika  menulis  tidak  sekedar  menulis harus mengindahkan aturan-aturan dalam menulis.

  • Wahana

Wahana  juga  sering  disebut  dengan  alat.  Wahana  berupa  kosakata, gramatika,  retorika  (seni  memakai  bahasa).  Bagi  penulis  pemula, wahana  sering  menjadi  masalah.  Mereka  menggunakan  kosakata, gramatika,  retorika  yang  masih  sederhana  dan  terbatas.  Untuk mengatasi  hal  tersebut,  seorang  penulis  harus  memperkaya  kosakata yang belum diketahui artinya. Seorang penulis harus rajin menulis dan membaca.

Sedangkan  menurut Erlin  dalam  St.Y.  Slamet  (2007: 108) proses menulis  sekurang-kurangnya mencakup  lima unsur, yaitu  (1) isi karangan, (2) bentuk karangan, (3)  tata bahasa, (4) gaya, (5) ejaan dan tanda  baca.  Isi  karangan  adalah  gagasan  dari  penulis  yang  akan dikemukakan.  Bentuk  karangan  merupakan  susunan  atau  penyajian  isi karangan. Tata bahasa adalah kaidah-kaidah bahasa termasuk di dalamnya pola-pola  kalimat. Gaya merupakan  pilihan  struktur  dan  kosakata  untuk memberi nada tertentu terhadap karangan itu. Ejaan dan tanda baca adalah penggunaan tata cara penulisan lambang-lambang bahasa tertulis.  Dari  uraian  di  atas  dapat  diketahui  bahwa  unsur-unsur  menulis terdiri atas pengungkapkan gagasan, tuturan yang digunakan penulis dalam menyampaikan  tulisannya,  tatanan  dalam  penulisan,  dan  wahana  yang berupa kosakata, serta ejaan dan tanda baca.

Baca Juga:   Pengertian Bercerita

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Menulis semoga dapat menjadi referensi bagi anda, dan jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. Untuk mendukung blog ini agar selalu menampilkan artikel seputar pembelajaran dan pendidikan silahkan berdonasi dengan mengklik iklan yang ada pada blog ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.