Pengertian Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI)

Diposting pada

Pengertian Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) – Media Computer Assisted Instruction (CAI) yang pada dasarnya media berbasis komputer terdapat didalamnya, “CBI (Computer Based instruction) yaitu penggunaan komputer secara luas yang bisa dimanfaatkan tidak hanya sebagai fungsi CAI, juga dimanfaatkan dengan fungsi sistem pembelajaran individual” (Rusman, 2013: 87). Keluasan penggunaan media komputer tergantung dari penggunaan program atau perangkat lunak yang terdapat di dalam komputer itu sendiri.

Menurut Setianingrum (2014: 1), “CAI adalah suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroproses yang pelajarannya dirancang dan diprogram ke dalam sistem tersebut melalui media CAI (Computer Assisted Instruction), materi dikemas menjadi lebih menarik dalam proses pembelajaran.”

Menurut Daryanto (2013: 149) mangatakan bahwa:

CAI yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggatikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengebang pembelajaran, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.

Penggunaan perangkat lunak yang dapat diaplikasikan kedalam segala bentuk menjadi salah satu keuntungan lebih dalam menggunakan media komputer. Selain untuk mengemas materi ajar menjadi lebih menarik materi yang diberikan lebih aktraktif.

Menurut Morse (Riastuti, 2006: 71), Mengatakan bahwa:

Baca Juga:   Dasar Penerapan Media Pembelajaran

Ada tiga kategori teknologi komputer dalam pembelajaran, “Computer Technology can assisted the instructional environment in one of three basic categories: electronic communication, presentationsupport, or students materi-als” yang artinya bahwa teknologi komputer dapat membantu lingkungan pembelajaran dalam salah satu dari tiga kategori dasar yaitu: komunikasi elektronik, pendukungan presentasi, atau bahan pelajaran siswa. Ketiga kategori teknologi berbasis komputer tersebut dapat digunakan untuk menyusun paket belajar Biologi dengan materi pokok sistem gerak pada manusia.

Semua pendapat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media CAI yaitu media berbasis komputer dalam pembelajaran yaitu sebagai alat bantu atau media yang bisa menyediakan berbagai materi kedalam bentuk data dengan perangkat lunak sebagai pemrosesnya, sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih aktif, dan interaktif berlangsung multi atau banyak arah. Dengan adanya komputer dan perangkat lunak komputer guru dapat memaksimalkan potensi siswanya dalam belajar dan mengembangkan keterampilan untuk bekal menghadapi dunia kerja.

Penggunaan komputer sebagai alat guru tidak hanya menggunakan media tusilan ataupun media gambar dalam penyajian materi, akan tetapi guru juga dapat memberikan arahan mengenai suatu ilmu dengan media berupa audio, video, grafis, dan lain sebagainya dalam satu kali pertemuan dengan satu kali klik pada komputer.

  1. Langkah Melaksanakan Penggunaan CAI (Computer Assisted Instructoin)

Dalam melaksanakan penggunaan media ini tidak lupa mempersiapkan segala sesuatunya salah satunya yaitu mempersiapkan perangkat lunak (softwer) komputer, mengaplikasikannya dan selanjutnya memberikan pengarahan kepada murid dalam mengoprasikan komputer agar lebih mudah dalam menggunakan komputer sebagai media ajar.

Baca Juga:   Pengertian Media Gambar Seri

Berikut adalah uraian singkat mengenai langkah dan cara kerja proses pembelajaran menggunakan media CAI tersebut.

  1. Menyiapkan bahan ajar dari buku atau dari internet dan lain sebagainya
  2. Menyiapkan bahan ajar dengan menggunakan perangkat lunak komputer (softwer).
  3. Menyampaikan materi dengan menggunakan media CAI tersebut.
  4. Mengarahkan siswa dalam belajar agar menjadi siswa yang aktif dan kreatif.
  5. Mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan dalam proses pembelajaran
  1. Kekurangan Dan Kelebihan Penggunaan Media CAI
  1. Keunggulan Media CAI
  1. Memungkinkan penyampaian materi ajar secara lebih menarik dalam bentuk teks, gambar, suara, dan gambar animasi secara terintegrasi. Kemajuan teknologi komputer bahkan juga telah memungkinkan penyampaian materi ajar dengan memanfaatkan teknologi video, audio, maupun multi media.
  2. Memudahkan dan mempersingkat waktu dalam mengajar karena siswa cendrung lebih mudah memahami dengan bentuan media yang ada dari bantuan komputer tersebut.
  3. Menghemat biaya dalam pengeluaran kertas dan lain sebagainya, karena media yang ada dapat ditunjukkan menggunakan satu dalam satu waktu.
  4. Memberikan pengetahuan yang lebih baik dan lebih mudah diingat pada murid.
  1. Kekurangan Media CAI (Computer Assisted Instruktion)
  1. Membutuhkan waktu yang lebih dalam mempersiapkan segala halnya, seperti bahan ajar, bahan media yang digunakan, dan bagaimana cara penyajiannya dengan menggunakan komputer.
  2. Memerlukan keterampilan dan kreatifitas yang tinggi oleh guru dalam menggunakan komputer tersebut, karena tidak mudah dan sulitnya dalam menjalankan program komputer apalagi guru yang dianggap kurang memahami komputer (gaptek).
  3. Pada satu waktu dapat memberikan murid dengan tingkat fokus yang berbeda sehingga akan sulit dalam menyimak informasi.
Baca Juga:   Pengertian Media Pembelajaran Peta Timbul

 Sekian postingan singkat tentang Pengertian Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) semoga dapat dijadikan referensi bagi anda, dan jika artikel ini dianggap bermanfaat bagi anda, silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.