Pengertian Kelompok Kerja Guru (KKG)

Diposting pada

Pengertian Kelompok Kerja Guru (KKG) – Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah wadah kerja sama guru-guru dalam satu gugus, dalam upaya meningkatkan kemampuan profesional mereka. Fungsi utamanya adalah menampung dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam KBM melalui pertemuan diskusi, pengajaran contoh, demonstrasi penggunaan dan pembuatan alat peraga.

KKG tersebut berorientasi kepada peningkatan kualitas pengetahuan, penguasaan materi, teknik mengajar dan lain-lain yang berfokus pada penciptaan KBM yang efektif. Untuk menunjang kelancaran pelaksanaannya, KKG juga memiliki organisasi kepengurusan, yang terdiri dari Ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Dibina oleh seorang pengawas serta dibantu oleh beberapa orang guru yang dipandang mempunyai keahlian dalam bidang ilmu tertentu sebagai pemandu bidang studi atau mata pelajaran

Hubungan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan kemampuan Profesional Guru.

Untuk mendapatkan pengakuan sebagai guru yang baik dan berhasil, maka guru berusahalah tampil di muka kelas dengan prima. Setiap guru bertanggung jawab untuk meningkatkan kompotensi profesionalnya. Guru bertanggung jawab secara profesional untuk terus meningkatkan kemampuannya.

Dengan demikian, peningkatan kemampuan profesional guru menjadi tugas dan bertanggung jawab guru yang bersangkutan untuk mengupayakannya. Namun demikian tidak semua guru dapat melakukannya secara efektif, oleh karena itu, diperlukan sarana yang dapat menolong mereka. Kelompok kerja guru (KKG) merupakan salah satu sarana atau wadah yang dapat dimanfaatkan guru-guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya.

Baca Juga:   Pengertian Teknik Bertanya

    Adapun kegiatan yang dilakukan pada pertemuan KKG tersebut adalah

  1. Memperdalam pengetahuan dan penguasaan didaktik metodik.
  2. Mengupayakan pemecahan berbagai masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.
  3. Membuat dan mengujip enggunaan alat peraga.
  4. Berlatih menyusun berbagai administrasi pengajaran.
  5. Berlatih menerapkan metode mengajar tertentu.
  6. Bertukar informasi mengenai berbagai masalah dan gagasan-gagasan baru khususnya yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.
  7. Menginventarisir berbagai bentuk budaya daerah dan ragam pola kehidupan sosial yang akan diangkat menjadi materi pengajaran muatan lokal.

Dengan berbagai kegiatan tersebut di atas, diharapkan kemampuan profesional guru-guru dapat ditingkatkan. Dengan kata lain, kemampuan profesional guru-guru bisa ditingkatkan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di KKG. Penelitian yang mengkaji tentang KKG ini belum begitu banyak dilakukan terutama apabila dikaitkan dengan kemampuan profesional guru-guru sebagai indikator dari keberhasilan pelaksanaan KKG tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Kelompok Kerja Guru (KKG)

Tugas dan tanggung jawab Kelompok Kerja Guru (KKG) secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan motivasi kepada guru agar mengikuti setiap kegiatan yang diadakan termasuk kegiatan yang diselenggarakan PKG.
  2. Meningkatkan kompotensi meliputi aspek pedagogis, kepribadian, sosial dan profesional. c. Menunjang pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran.

Sekian pembahasan singkat tentang Pengertian Kelompok Kerja Guru (KKG) semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.