Pengertian Gadget (smartphone)

Diposting pada

Pengertian Gadget (smartphone) – Menurut Kurniawan (Rohman 2017: 27) yang dimaksud dengan gadget (smartphone) yaitu:

Gadget adalah sebuah perangkat atau perkakas mekanis yang mini atau sebuah alat yang menarik karena relatif baru sehingga akan banyak memberikan kesenangan baru bagi penggunanya walaupun mungkin tidak praktis dalam penggunaannya.

Menurut Garini dalam Rohman (2017: 27), “gadget sebagai perangkat alat elektronik kecil yang memiliki banyak fungsi”. Gadget (smartphone) memiliki banyak fungsi bagi penggunanya sehingga dinilai lebih memudahkan.

Gadget (smartphone) atau dengan kata sederhana telphone gengam yang saat ini telah memiliki beragam fiture dan fungsi yang semakin kompleks guna memudahkan pemakainya merupakan trobosan baru dari telephone gengam sebelumnya.

Menurut Derry ( 2014: 7) “gadget merupakan sebuah perangkat atau instrument elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi praktis untuk membantu pekerjaan manusia”. Menurut  Manumpil, dkk (2015: 1) “Gadget merupakan suatu alat teknologi yang saat ini berkembang pesat yang memiliki fungsi khusus diantaranya smartphone, Iphone and Blackberry”

Berdasarkan pendapat ahli maka disimpulkan bahwa gadget merupakan alat komunikasi nirkabel yang memiliki fungsi khusus yang membantu pekerjaan manusia dan bisa dibawa kemana-mana.

Fungsi Gadget  Secara Umum

Menurut yang et al (Shofiah 2016 : 2) gadget (smartphone) memiliki beberapa fungsi yaitu:

smartphone merupakan cellphone yang menggabungkan fungsi-fungsi Personal Digital Assistant (PDA) seperti kalender, personal schedule, address book, dan memiliki kemampuan untuk mengakses internet, membuka email, membuat dokumen, bermain game, serta membuka aplikasi lainnya.

Telepone genggam sekarang sudah memiliki fungsi hampir sama dengan komputer, sehingga pengguna bisa mengubah fungsi telepon genggam tersebut menjadi mini computer yang banyak membantu si pengguna. Di dunia bisnis, fitur gadget (smartphone) yang lengkap sangat membantu bagi para pebisnis melakukan pekerjaan di satu tempat, dan membuat pekerjaan tersebut selesai dalam waktu yang singkat.

Kehadiran ponsel pintar gadget (smartphone) berbasis android menjadi suatu bukti dari majunya teknologi komuniksi pada perangkat berbasis ponsel saat ini, beberapa manfaat gadget smartphone menurut  Uswatun (Mardhi 2015: 23) yaitu:

Baca Juga:   Contoh Isian Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen (SERDOS) Yang Lulus Tahun 2019

Untuk menambah pengetahuan tentang kemajuan teknologi, alat komunikasi smartphone merupakan salah satu buah hasil dari kemajuan teknologi saat ini. Maka smartphone dapat dijadikan sarana untuk menambah pengetahuan siswa tentang kemajuan teknologi sehingga siswa tidak dikatakan menutup mata akan kemajuan di era globalisasi.

Manfaat Gadget (smartphone) di kalangan pelajar

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan pelajar dengan hadirnya gadget (smartphone). hal ini dikarenakan gadget (smartphone) juga merupakan media pembelajaran yang bersifat multi media, yang artinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan diantaranya sumber belajar berbasis teknologi. 

Menurut Oka (2017: 21) “penggunaaan multimedia dalam pembelajaran akan berbanding lurus dengan manfaatnya”. Menurut Fenrich dalam Oka (2017 : 22) manfaat multimedia yaitu sebagai berikut:

  • Siswa akan terdorong mengejar pengetahuan dan memperoleh umpan balik yang seketika.
  • Siswa belajar dari tutor yang sabar (komputer) yang menyesuaikan diri dengan kemampuan siswa. .
  • Belajarkapan saja mereka mau tanpa terikat suatu waktu yang telah ditentukan.

Menurut (Juraman 2014: 13) “ jenis informasi edukasi yang diakses melalui smartphone android  diantaranya, portal akademik, artikel ilmiah, informasi beasiswa, wikipedia.org, detik.com, googlebook, ejournal”.

Dampak Penggunaan gadget (smartphone)

Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan gadget (smartphone) pun semakin beragam mulai dari aspek kesehatan sampai sosial. Dampak buruk penggunaan gadget (smartphone) pada anak Menurut Derry (2014: 16) yaitu,

menjadi pribadi tertutup, kesehatan otak tergangu, kesehatan mata tergangu, kesehatan tanggan tergangu, ganguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreatifitas, terpapar radiasi, ancaman cyberbullying.

Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan gadget (smartphone) tidak hanya dampak negatif saja melainkan ada pula dampak positifnya. Dampak penggunaan gadget (smartphone) terdiri dari dampak positif dan dampak negatif, yaitu:

  1. Dampak positif menurut Pertama  (Rohman 2017: 48) yaitu sebagai berikut:
  2. Komunikasi menjadi lebih praktis
  3. Anak yang bergaul dengan dunia gadget cenderung lebih kreatif
  4. Mudahnya melakukan akses ke luar negeri
  5. Manusia menjadi lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget (smartphone)yang menuntut mereka untuk hidup lebih baik.
Baca Juga:   Pengertian Assesmen Berbasis Portofolio
Dampak negatif menurut Pertama  (Rohman 2017: 48) yaitu sebagai berikut:
Segi kesehatan

Segi kesehatan dampak buruk penggunaan gadget diantaranya, peningkatan resiko kanker akibat radiasi, ketulian, mata perih atau bahkan rabun karena pencerahan maksimal secara berkala pada gadget, tablet atau komputer.

Segi budaya

Segi budaya dampak buruk penggunaan gadget (smartphone)diantaranya, lunturnya adat atau kebiasaan yang berlaku, masuknya budaya barat secara perlahan, hilangnya rasa nasionalisme dan lebih cinta pada produk asing.

Segi sosial

Segi kehidupan sosial dampak buruk penggunaan gadget (smartphone)diantaranya, cenderung autis atau asyik dengan gadgetnya sendiri, tidak bisa mengontrol diri sendiri akibat sosialiasi kurang, cepat bosan ketika ada yang menasehati, banyak mengeluh, egois tidak terkendali, hidup menjadi tidak teratur akibat kecanduan gadget (smartphone).

Segi ekonomi

Dibidang ekonomi adanya penipuan melalui gadget, keuangan yang tidak stabil karena orang tua memenuhi keinginan anak untuk membeli gadget terbaru. Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan bahwa, gadget (smartphone)memberikan dampak yang beragam bagi penggunanya baik dampak positif maupun dampak negatif. dampak negatif diantaranya mata perih, kurang komunikasi, keuangan yang tidak stabil, ketulian, samapai pada ekonomi keluarga juga berdamapak buruk. Dalam penelitian ini peneliti akan fokus pada dampak positif gadget (smartphone) terhadap motivasi belajar.

DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman, M. Muhidin, A, S. 2007 “Analisis korelasi, regresi dan jalur dalam penelitian”. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Algifari. 2013. Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi. Yogyakarta: BPE Yogyakarta.

Aprianto (2013). “Dampak Penggunaan Ponsel Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Diponegoro Tulungagung)”. Skripsi. Tulungagung: STAIN Tulungagung.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Aryati, A.H., Wardani, K., dan Arief, A. (nanaayu56@gmail.com.ardian.arief @ustjogja.ac.id) 10 januari 2018. Hubungan Antara Pola Pemanfaatan Smartphone Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Sekecamatan Banguntapan Bantul.

Derry, I. 2013. Bila SI Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Fakto-Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Bisakimia: Jakarta.

Elrais, H. 2012. Kamus Ilmiah Populer (Memuat berbagai Kata dan Istilah dalam Bidang Politik, Sosial, Budaya, Sains dan Teknologi, Psikologi, Kedokteran, dan Pendidikan). Pustaka Pelajar: Celeban Timur Yogyakarta.

Baca Juga:   Kebiasaan Membaca Opini

Fadilah. A. 2011.  “Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (Hp) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Smp Negeri 66 Jakarta Selatan”. Skripsi. Jakarta: fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan universitas islam negeri syarif hidayatullah

Indra, C,. Paidi. 2016. Pengembangan media pembelajaran system indra berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sma. Jurnal pendidikan biologi. Jilid 50, No. 7. (cinthyaharika@yahoo.com diakses pada 10 Januari 2018).

Kasmandi, dan Sunariah, S. N. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.

Latipah, Eva. 2012. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pedagogia.

Manumpil, dkk. 2015.  Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep) volume 3 no 2. (http://ejournal.unikama.ac.id, di akses 19 April 2017)

Oka, A. P. G. 2017. “Media dan multi media pembelajaran”. Yogyakarta: cv budi utama.

Purwanto, M. N. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohmah, O. C. 2017. “Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Muhammadiyah 2 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada.

Shofhia, S. 2016. “Pengaruh Penggunaan Android Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Viii Smp 3 Kepanjeng Malang”. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik. 

Siregar, S. 2014. Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slavin, E, R. 2009. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek.  PT. Indeks: Jakarta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

________. 2012. Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sultoni. A. 2013. “Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma N 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suryabrata. 2003. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

Tupiyani, Y. T. 2017. “Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII sekolah menegah pertama negri 3 sintang”. Proposal.Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Wikipedia.org. Penyelesaian masalah. (http://id.wikipedia.org/wiki/penyelesaian masalah, diakses pada 01 Januari 2018).

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Gadget (smartphone) semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung.

2 thoughts on “Pengertian Gadget (smartphone)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.