Pengertian Effect Size pada Penelitian Meta Analisis

Diposting pada

Pengertian Effect Size pada Penelitian Meta Analisis – Effect sizeadalah indeks kuantitatif yang digunakan untuk merangkum hasil studi dalam meta-analisis. Artinya, effect sizemencerminkan besarnya hubungan antar variabel dalam masing-masing studi. Pilihan indeks effect size bergantung pada jenis data yang digunakan dalam studi. Ada empat jenis data dalam penelitian, yaitu:

Dikotomi

Pada data yang dibangun secara dikotomi, sepert hidup/mati, sukses/gagal, ya/tidak, maka effect size yang digunakan antara lain relative risk atau risk ratio (RR), odds ratio (OR), atau risk difference (RD).

Misalkan sebuah meta analisis terdiri dari kpenelitian. Penelitian-penelitian tersebut mempunyai variabel hasil dikotomi atau biner. Hasil setiap penelitian dapat dipresentasikan dalam tabel kontingensi 2 x 2. Tabel ini memberikan informasi jumlah partisipan yang terbagi dalam dua grup, yaitu grup eksperimen dan kontrol baik yang mengalami kejadian (event) maupun tidak (no event).

dimana

aj= frekuensi event dalam grup eksperimen pada penelitian ke-j
bj= frekuensi no event dalam grup eksperimen pada penelitian ke-j
cj= frekuensi event dalam grup kontrol pada penelitian ke-j
dj= frekuensi no event dalam grup kontrol pada penelitian ke-j
n1j= banyaknya partisipan pada grup eksperimen pada penelitian ke-j
n2j= banyaknya partisipan pada grup kontrol pada penelitian ke-j
m1j= frekuensi event pada penelitian ke-j
m2j= frekuensi no event pada penelitian ke-j
nj= banyaknya partisipan pada penelitian ke-j(j= 1, 2, …, k).

Baca Juga:   Pengertian Kompetensi Profesional Guru
Kontinu

Pada data yang dibangun secara kontinu, seperti kehilangan bobot, tekanan darah, maka effect size yang digunakan antara lain mean difference (MD), atau standardized mean difference (SMD).

Time-to-eventatau survival time

Untuk data jenis ini, misalnya waktu kambuh, waktu sembuh, maka digunakan rasio hazard.

Ordinal

Sebuah hasil yang dikategorikan berdasarkan kategori tertentu, misal ringan/sedang/berat.

Effect Size pada Penelitian dengan Data Dikotomi
Odds Ratio

Odds adalah perbandingan peluang kejadian sukses dengan peluang kejadian gagal. Berdasarkan tabel kontingensi 2×2, odds ratio merupakan perbandingan odds pada kelompok eksperimen (𝜓1) dengan odds pada kelompok kontrol (𝜓2). Rasio dari odds 𝜓1=𝜋11/𝜋12 dan 𝜓2=𝜋21/𝜋22 (Agresti, 2002)

ψ=ψ1ψ2=π11π22π12π21

Relative Risk

Relative risk (RR) merupakan rasio peluang kejadian yang terjadi pada kelompok eksperimen terhadap kelompok kontrol. Nilai relative risk (Agresti, 2002)

RR=π11π21

Risk Difference

Risk difference merupakan selisih/difference diantara dua risiko. Risk difference (RD) dihitung sebagai peluang terjadinya suatu penyakit pada kelompok eksperimen dikurangi peluang terjadinya suatu penyakit pada kelompok kontrol (Agresti, 2002).

RD=𝜋11−𝜋21

Effect Size Odds Ratio

Tujuan utama dari meta analisis adalah merangkum berbagai penelitian dengan topik yang sama untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Hasil kesimpulan tersebut berupa effect size. Odds ratioa dalah perbandingan odds kelompok eksperimen dengan odds kelompok kontrol. Odds ratio sering digunakan pada data uji klinis dan penelitian case-control untuk membandingkan risiko perkembangan penyakit pada orang yang tidak mendapatkan perlakuan medis baru (kontrol) dan orang yang mendapatkan perlakuan medis (treatment).

Baca Juga:   Pengertian Lembar Kerja Siswa (LKS)

Selebihnya artikel ini dapat dilihat pada tautan berikut: https://core.ac.uk/download/pdf/33510247.pdf

Demikian postingan singkat tentang Pengertian Effect Size pada Penelitian Meta Analisis semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.