Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here

Diposting pada

Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Everone is a Teacher Here – Dengan Strategi ini, siswa yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif. Suprijono, (2012: 110), bahwa “Penggunaan strategi ini merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan maupun individual.” Hal senada Menurut Silberman (2009: 171) strategi pembelajaran everyone is a teacher here adalah sebuah Strategi yang mudah guna memperoleh partisipasi kelas yang besar dan tanggung jawab individu. Dalam proses belajar mengajar, tidak harus semua dari guru, siswa hanya duduk terpagu dan mendengarkan ceramah dari guru, akan tetapi siswa bisa saling mengajar terhadap kawan-kawannya.

Menurut Silberman (2013: 183) sebagian pakar percaya bahwa sebuah mata pelajaran baru dapat benar-benar dikuasai ketika pembelajar mampu mengajarnya kepada orang lain Strategi pembelajaran  everyone is a teacher here memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya, yang dimaksud disini sebagai pengajar siswa akan diminta oleh guru untuk membuat pertanyaan pada sebuah kertas kemudian kertas ditukar kepada temannya, kemudian temannya akan menjawab pertanyaan dalam kertas tersebut.

Dari teori tentang  strategi everyone is a teacher here yang dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here adalah suatu cara untuk mendapatkan partisipasi atau meningkatkan aktivitas dalam proses pembelajaran.

Menurut Ismail (2009: 74) tujuan dari penerapan strategi  everyone is a teacher here ini adalah membiasakan siswa untuk belajar aktif secara individu dan membudayakan sifat berani bertanya, tidak minder dan tidak takut salah. Selanjutnya Silberman (2006: 183) menyebutkan keunggulan strategi pembelajaran everyone is a teacher here  yaitu:

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata

  1. Pembelajaran berpusat pada siswa
  2. Siswa menemukan bukan menerima pembelajaran
  3. Sangat menyenangkan dan mengoptimalkan potensi siswa.

Berdasarkan pengertian tersebut maka penerapan strategi everyone is a teacher here memberikan manfaat yang signifikan terhadap proses pembelajaran di kelas. Adapun manfaat penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan partisipasi kelas baik keseluruhan dan individu
  2. Mengaktifkan peserta didik.
  3. Membangkitkan respon siswa.

Jadi dapat disimpulkan kegiatan-kegiatan yang menuntut siswa berpartisipasi aktif agar siswa dapat mengetahui, memahami dan mampu mempraktekkan apa yang dipelajari dan membiasakan siswa untuk belajar aktif serta dengan penerapan Strategi pembelajaran ini memberikan manfaat yang baik dalam proses pembelajaran dikelas dan dapat membantu dalam upaya meningkatkan hasil belajar.

  1. Langkah-Langkah Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here

Langkah-langkah metode pembelajaran everyone is a teacher here  dijelaskan oleh Hisyam Zaini, dkk (2008: 60-61) adalah sebagai berikut:

  1. Bagikan secarik kertas/kartu indeks kepada seluruh siswa. Mintalah mereka untuk menuliskan satu pertanyaan tentang materi pelajaran yang sedang dipelajari di kelas atau sebuah topik khusus yang akan di diskusikan dalam kelas
  2. Kumpulkan kertas, acak kertas tersebut kemudian bagikan kepada setiap siswa. Pastikan bahwa tidak ada siswa yang menerima soal yang ditulis sendiri. Minta mereka untuk membaca dalam hati pertanyaan dalam kertas tersebut kemudian memikirkan jawabannya.
  3. Minta siswa secara sukarela untuk membacakan pertanyaan tersebut dan menjawabnya.
  4. Setelah jawaban diberikan, mintalah siswa lainnya untuk menambahkan dan  Lanjutkan dengan sukarelawan berikutnya
  1. Kelebihan  Dan Kelemahan Strategi Everyone Is A Teacher Here
  1. Materi dapat diingat lebih lama.
  2. Mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran.
  3. Dapat mengetahui mana siswa yang belajar dan tidak belajar.
Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Bengkel Sastra

Terdapat Kelemahan-kelemahan pada penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam meliputi yaitu:

  1. Pertanyaan yang diajukan siswa tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  2. Membutuhkan waktu yang lama untuk menghabiskan semua pertayaan untuk kelas besar.
  3. Siswa tidak mampu menjawab pertanyaan

Terdapat Kelemahan-kelemahan pada penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam meliputi yaitu:

  1. Pertanyaan yang diajukan siswa tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  2. Membutuhkan waktu yang lama untuk menghabiskan semua pertayaan untuk kelas besar.
  3. Siswa tidak mampu menjawab pertanyaan

Namun kelemahan tersebut bukanlah masalah yang berarti dalam penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here sebab permasalahan tersebut dapat diatasi melalui:

  1. Untuk pertanyaan yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran maka guru perlu memberikan penjelasan materi di awal agar soal yang dibuat siswa tidak menyimpang dari tujuan pembelajaran.
  2. Untuk kelas besar, maka guru dapat membentuknya jadi beberapa kelompok disesuaikan dengan jumlah siswa dalam kelas tersebut.  sehingga dalam menjawab pertanyaan guru dapat melalui perwakilan kelompok yang ditunjuk guru, namun setiap siswa tetap bertanggung jawab dalam membuat soal.
  3. Siswa diperbolehkan mendiskusikan jawaban bersama kelompoknya.

Melalui penerapan strategi ini siswa akan lebih mudah menguasai materi pembelajaran yang disampaikan. Karena dalam strategi ini, siswa bertindak sebagai sumber informasi, pengolah informasi dan pemberi saran. Dengan kata lain melalui penerapan strategi pembelajaran  everyone is a teacher here mampu yaitu :

Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Broken Triangle

  1. Melatih siswa berpikir kritis melalui kegiatan membuat pertanyaan
  2. Berani mengemukakan pendapat kegiatan menambah jawaban teman.
  3. Dan juga mampu menumbuhkan karakter siswa untuk bertanggung jawab terhadap kewajibannya sebagai seorang pelajar.

Oleh sebab itu, dengan mempelajari materi belajar yang diajarkan oleh teman akan lebih bermakna dan mudah diingat siswa. Strategi pembelajaran dengan menjadikan siswa sebagai guru untuk siswa lainnya, menjadikan siswa belajar dengan aktif, siswa membuat satu pertanyaan pada kartu indeks mengenai materi yang baru saja dibahas siswa bersama guru. Disinilah terjadi tanya jawab antara pembuat pertanyaan dengan siswa yang bertugas menjawab pertanyaan, kemudian dilakukan secara bergilir dengan arahan guru. Dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Demikian artikel singkat tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Everone is a Teacher Here semoga dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi anda, jika artikel ini dianggap bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan artikel ini terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.