Pengertian Arus Data Komputer

Diposting pada

engertian Arus Data Komputer – Arus data adalah gambaran grafis yang memperlihatkan bagaimana aliran data dari sumbernya yang berada pada komputer. Arus data ini memperlihatkan kepada pengguna bagaiman suatu data diproses dan dapat kita jalankan denfgan melalui beberapa tahap yang harus dilalui.

Dengan adanya arus data dalam komputer kita dapat melihat bahwa data yang berada dalam komputer kita , memiliki jalur yang spesifik dalam menjalankan perintah komputer.

Dalam arus data  komputer ada 3 (tiga) hal penting yang ada dalm pengolahan atau pemerosesan data pada komputer yaitu, yang pertama input yaitu masukan data yang terlebih dahulu kita lakukan dimana data tersebut sebagai masukan, yang kedua yaitu Proses dimana setiap data yang dimasukan kedalam komputer akan masukkedalam bagian pemerosesan, diproses sesuai dengan tipe data yang dimasukan , yang ketiga output yaitu hasil akhir dari pengolahanm suatu data yang telah melewati proses dan pemerosesan.

Arus Pengolahan Data pada Komputer

Pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai media utamanya disebut dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data merupakan proses dimana sebuah data diproses dan diubah kedalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yang berupa sebuah informasi.

Dalam melakukan operasi pengolahan data, sistem komputer terdiri dari tiga tahap dasar yaitu, tahap pemasukan data (input), tahap pengolahan data (Processing),dan tahap pengeluaran (input). Dalam mengoprasikan tahap tahapan tersebut ke tahap tahapan berikutnya pada perangkkat keras digunakan (hadwere) , dan harus dikendalikan oleh pemakai (brainware), perintah tersebut menggunakan operasi operasi atau perintah tertentu berupa perangkat lunak (software) pada komputer.

Baca Juga:   Soal UTS Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) Kelas D9 Prodi PGSD

Tahap Pengembangan dari pengolahan dasar diatas yaitu tambahan dengan perangkat penyimpanan data atau informasi (storage Device) dan dibentuk dengan model siklus pengolahan data ( Data Processing Unit). Berikut ini merupaakan gambaran arus data dalam komputer.

Input

Yaitu  proses memasukan data atau intruksi. Perangkat input yang digunakan contoh keyboard dan mouse. Dimana data yang akan kita olah kita masukan kedalam komputer yang akan kita gunankan.

Proses (Processing)

Pengolahan data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan, Unit pemerosesan ini dinamakan CPU (central processing unit) . CPU bekerja dengan logika dan aritmatika terdapat data yang terdapat dalam memori atau yangn dimasukan melalui unit masukan seperti keyboard, mouse, scaner dan sebagainya.  Unit pemerosesan data didalam CPU terdiri dari :

ALU (Aritmatic Logical Unit)

Yaitu berfungsi untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk data dan logica seperti data matematika dan statika. Tugas utama dari  ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terdiri sesuai instruksi program.

CU ( Control Unit)

Berfungsi untuk melakukan pengontrolan atau pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan atau output . Tugas dari CU adalah :

  • Mengatur dan mengendalikan alat input dan output
  • Mengambil intruksi dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama
Storage Devices (Penyimpanan)

Dalam penyimpanan dibagi menjadi penyimpanan internat dan penyimpanan external. Penyimpanan internal yaitu memori langsung yang bisa diakses memori secara langsung, yang termasuk memori internal adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Taksonomi Bloom
  • Register, merupakan jenis memori yang terdapat prosessor dan sebagai memori internal prosessor.
  • Cache memory, merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer yang dikatakan sebagai memori perantara.
  • My memory, terdiri dari :

RAM ( Random Access Memory ), berupa intruksi atau memory sementara.

ROM ( Read Only Memory ), berfungsi membantu proses kerja komputer bersifat permanet atau tetap.

BIOS ( Basic Input Output System ), saat melakukan booting.

Enternal

Memory yang bisa di proses oleh prosesor melalui port.

Output

Peralatan pengeluaran yang dapaat menyajikan informasi yang dibutuhkan. Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan dalam 4 (empat) bentuk:

  • Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus, dan symbol-symbol lain
  • Image, dalam bentuk gambar grafik, atau gambar
  • Suara dalam bnetuk musik
  • Bentuk yang dibaca oleh mesin dalam bentuk symbol dan hanya dapat dibaca oleh komputer.

Sekian dulu pembahasan tentang Pengertian Arus Data Komputer semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan postingan ini di media sosial anda, jangan lupa juga klik like halaman facebook blog ini untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik tentang pendidikan. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.