Pengenalan PHP Ajax

Diposting pada

Apa yang harus anda ketahui sebelum anda memulai belajar PHP AJAX anda harus sudah mempunyai pengetahuan dasar mengenai :

  1. HTML
  2. Javascript
  3. PHP

Silahkan membaca buku atau dari internet untuk mempelajari HTML, Javascript dan PHP. Apakah AJAX ? AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan dengan bahasa pemograman web di sisi server seperti PHP dan ASP, sehingga membentuk suatu aplikasi berbasis web yang interaktif.

AJAX bukanlah bahasa pemograman baru, tetapi adalah teknik baru untuk membuat aplikasi web lebih baik, lebih cepat dan lebih interaktif. Dengan AJAX, Javascript dapat langsung berkomunikasi dengan server dengan menggunakan objek
XMLHttpRequest XMLHttpRequest. Dengan objek ini, javascript dapat melakukan transaksi data denga server web, tanpa harus me-reloading halaman web tersebut secara keseluruhan.
Berikut adalah teknologi yang termasuk dalam aplikasi AJAX :

  •  HTML yang digunakan untuk membuat Web forms dan mengindentifikasikan filed-field yang akan anda gunakan dalam aplikasi.
  • JavaScript adalah kode inti untuk menjalankanaplikasi Ajax dan untuk membantu memfasilitasi komunikasi dengan aplikasi .
  • DHTML, atau Dynamic HTML, membantu anda untuk membuat form atau web anda dinamis. Anda akan menggunakan <div>, <span> dan elemen HTML dinamis lainya.
  • DOM, Document Object Model, akan digunakan (melalui kode JavaScript) untuk bekerja dengan kedua struktur dari HTML dan XML anda yang dalam beberapa kasus berasal dari server.
Baca Juga:   Konversi MySQL ke MySQLi

XMLHttpRequest

Objek pertama yang harus anda mengerti adalah XMLHttpRequest, mungkin bagi anda terdengar sesuatu yang baru. Ini adalah objek javascript dan membuatnya sederhana seperti ditunjukkan di kode 1 di bawah ini :

Kode 1. Membuat objek XMLHttpRequest.

<script language=”javascript” type=”text/javascript”>
var xmlHttp = new XMLHttpRequest();
</script>

Untuk mendapatkan dan mengirim data dari/ke suatu database atau file di server menggunakan javascript tradisional, maka anda harus membuat HTML Form. Dan user harus mengklik tombol “submit” untuk mengirim/mendapatkan informasi, menunggu respon dari server, kemudian halaman yang baru berupa hasilnya akan di-load. Karena server selalu memberikan halaman baru setiap user tekan tombol submit, aplikasi web sederhana akan berjalan lambat dan akan kurang user-friendly.

Dibawah ini adalah perbandigan web aplikasi tradisional dengan Ajax

Dengan Ajax, javascript akan berkomunikasi secara langsung dengan server melalui objek javascript yaitu XMLHttpRequest tersebut.
Dengan objek XMLHttpRequest, suatu halaman web dapat membuat request ke, dan mendapatkan respon dari server web tanpa me-reload halaman secara keseluruhan. User akan selalu tetap dengan halaman yang sama. Bahkan user tidak akan tahu kalau ada data yang dikirim dan diterima dari server, karena javascript melakukan transaksi data di balik layar. Bagusnya lagi permintaan dikirim asynchronous, yang berarti bahwa kode JavaScript (dan pengguna) tidak menunggu pada server untuk merespon. Sehingga pengguna dapat terus memasukkan data, bergulir sekitar, dan menggunakan aplikasi.

Baca Juga:   Pengenalan jQuery

Kode JavaScript bahkan bisa mendapatkan data, melakukan perhitungan, dan mengirim permintaan lain, semua tanpa campur tangan pengguna! Ini adalah kekuatan dari XMLHttpRequest. Hal ini dapat bicara bolak-balik dengan server semua yang diinginkan, tanpa pernah tahu pengguna tentang apa yang sebenarnya terjadi. Hasilnya adalah, dinamis responsif, pengalaman yang sangat interaktif seperti aplikasi desktop, tapi dengan semua kekuatan Internet
di belakangnya.
Objek XMLHttpRequest disupport hampir semua browser (Internet Explorer, Firefox, Chrome, Opera, dan Safari).
Untuk membuat objek XMLHttpRequest supaya bisa didukung oleh beberapa browser adalah sebagai berikut :

if (window.XMLHttpRequest)
{
// kode untuk IE7+, Firefox, Chrome, Opera, Safari
return new XMLHttpRequest();
}
if (window.ActiveXObject)
{
// kode untuk IE6, IE5
return new ActiveXObject(“Microsoft.XMLHTTP”);
}

Demikianlah sedikit ulasan tentang Ajax, untuk ulasan tentag komunikasi antara objek Ajak dengan Server akan saya jelaskan pada postingan berikutnya. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.