Pembelajaran Elektronika

Diposting pada

Pembelajaran merupakan proses belajar mengajar untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap (Dimyati dan Moedjiono, 2002:157). Sedangkan menurut Usman (2005:4), pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan demikian dapat diartikan bahwa pembelajaran adalah adanya suatu hubungan timbal balik antara guru dan siswa yang bernilai pendidikan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi.

Ada beberapa definisi dari para ahli yang dapat memberikan gambaran pengertian tentang elektronika, sebagai berikut :

  1. Menurut Fitrzgerald, Higginbotham dan Grabel

“Electronics is the branch of Electronical Engineering which deals extensively with the transfer of information by means of electromagnetic energy”. Artinya : Elektronika adalah cabang ilmu listrik yang bersangkutan secara luas dengan alih informasi menggunakan tenaga elektromagnetik.

  1. Menurut J. Millman

“Electronics is the science and the technology of the passage of charged particles in a gas, in a vaccum, or in a semiconductor”. Artinya : Elektronika adalah ilmu dan teknologi tentang melintasnya partikel bermuatan listrik di dalam suatu gas atau suatu ruang hampa, atau suatu semikonduktor.

Baca Juga:   Pengertian Karangan Argumentasi

3)  Menurut E. Carol Young

“The study, design, and use of devices that depend  on the conduction of electricity through a vaccum, gas, or semiconductor”. Artinya : Elektronika meliputi studi, perancangan dan penggunaan piranti-piranti yang berdasar hantaran listrik di dalam suatu ruang hampa, gas dan semikonduktor.

  1. Menurut H.C. Yohannes

Elektronika ialah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan pemakaian piranti (“devices” = alat) yang asas kerjanya ialah aliran elektron dalam ruang hampa atau gas (seperti dalam tabung-tabung radio) dan aliran elektron dalam semipenghantar (seperti misalnya dalam transistor).

Dari definisi-definisi tersebut pada hakikatnya pengertian elektronika adalah mempelajari pengendalian dan penerapan gerakan partikel pembawa muatan (elektron) dalam ruang hampa, gas atau semikonduktor.

Berdasarkan uraian tentang pembelajaran dan pengertian elektronika di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran elektronika merupakan suatu proses belajar mengajar yang mempelajari pengendalian dan penerapan gerakan partikel pembawa muatan (elektron) dalam ruang hampa, gas atau semikonduktor. Jadi, pembelajaran fisika lebih mengutamakan peran siswa untuk mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya dengan langkah percobaan/praktek.

Sekian pembahasan singkat tentang Pembelajaran Elektronika Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi anda, dan jika artikel ini dianggap bermanfaat silahkan share artikel ini. terima kasih

Baca Juga:   Kriteria dan Indikator Guru Profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.