Panduan Menyusun RPP K13

Diposting pada

Panduan Menyusun RPP K13 – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Sementara menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses disebutkan bahwa RPP itu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP itu sendiri dikembangkan oleh guru.

Dasar pengembangannya yaitu silabus yang ditujukan untuk mengarahkan ketercapaian Kompetensi Dasar. Sedangkan dalam Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 dalam standar proses disebutkan bahwa RPP merupakan kegiatan pertama guru yaitu menyusun RPP. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkaan secara rinci dari satu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.

Seperti kita ketahui bersama, RPP itu kita buat pada awal semester atau awal tahun pelajaran baru. Tujuannya jelas yaitu agar guru sudah memiliki perencanaan pembelajaran sebelum aktifitas belajar mengajar di kelas itu di mulai. Saat guru mengembangkan RPP bapak ibu guru harus memperhatikan kerangka acuan pengembangan RPP, diantaranya sebagai berikut:

  • RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan peserta didik mencapai kompetensi dasar
  • Guru harus menyusun RPP secara lengkap dan sistematis
  • RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dijalankan untuk satu pertemuan atau lebih.
  • Guru merancang penggalan RPP yang disesuaikan dengan jadwal atau penjadwalan satuan pendidikan.
  • Setelah memahami hal tersebut, selaanjutnya sebelum kita membuat RPP kita harus mengetahui terlebih dahulu apa prisip yang harus diperhatikan saat mengembangkan RPP.
Baca Juga:   Kebiasaan Membaca Opini
Prinsip-Prinsip Mengembangkan RPP KURIKULUM 2013
  1. RPP merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam betuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar.
  3. RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik. Yang ini, artinya kegiatan-kegiatan yang dibuat dalam RPP harus mendorong untuk meningkatkan keaktifan siswa. jadi maksud dari pemerintah metode pembelajarannya yaitu metode yang mampu memberikan kesempatan untuk siswa lebih berperan aktif.
  4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tak berhenti belajar atau long life learner. Untk menciptakan seorang anak yang belajar karena butuh sehingga bukan belajar saat mau ujian, dan tidak belajar saat sudah selesai ujian.
  5. RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  6. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
  7. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, dan umpan balik.
  8. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belalajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  9. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
    Jika kita sudah memahami kesembilan prinsip tersebut, maka baru kita mulai untuk menyusun RPP. Tapi juga harus tahu dulu, apa saja komponen yang harus ada pada RPP.
Baca Juga:   Pengertian Hasil Belajar
Komponen RPP Kurikulum 2013

Ini di lihat dari Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar proses, Komponen RPP Kurikulum 2013 adalah

  • Identitas Sekolah
  • Identitas mata pelajaran
  • Kelas/ semester
  • Materi Pokok
  • Alokasi Waktu
  • Tujuan pembelajaran
  • Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Materi Pembelajaran
  • Alokasi waktu
  • Metode pembelajaran
  • Media Pembelajaran
  • Sumber belajar
  • Langkah-langkah Pembelajaran
  • Penilaian hasil Pembelajaran
Langkah-langkah membuat RPP Kurikulum 2013

Membuat Format RPP Kurikulum 2013, Jadi tuliskan formatnya terlebih dahulu. Karena dengan sudah menulis format akan lebih mempermudah bapak/ibu guru dalam mengisi setiap komponen yang ada. Seperti tadi ya, komponennya ada 14 jadi tuliskan semua. Isi komponen-komponen tersebut mulai yang paling gampang seperti identitas sekolah, identitas guru, kelas sampai dengan materi.

Masukan KD sesuai dari hasil identifikasi yang sudah dilakukan

  • Buatlah indikator yang baik dan benar dari KD tersebut,Buat Tujuan Pembelajaran, tujuan pembelajaran yang baik itu di tuliskan dengan jelas mulai subjek, objek, cara mencapainya dan keterangan. Contoh: Melalui pengamatan terhadap lingkungan pasar siswa mampu mengenali komponen-komponen yang terdapat pada pasar dengan tepat.
  • Isi metode pembelajaran, metode pembelajaran adalah teknik atau cara yang digunakan guru dalam mengajar. Seperti pada penjelasan di awal pada kurikulum 2013 usahakan menggunakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa.
  • Isi kegiatan pembelajarannya, dalam hal ini tuliskan langkah-langkah seperti apa yang akan guru lakukan untuk mencapai tujuan yang sudah di buat. oh ya, di K13 kita tetap bisa menuliskan langkah-langkah pembelajaran dengan membagi menjadi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup.
  • Tuliskan alat dan sumber belajar yang kamu gunakan
  • Mengisi proses penilaian, yang meliputi : teknik, bentuk, instrumen, Kunci dan penskoran serta Tugas
Baca Juga:   Contoh Kasus Uji Regresi Linear Sederhana

Sekian dulu pembahasan tentang Panduan Menyusun RPP K13 semoga dapat menjadi referensi bagi anda, jika postingan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan postingan ini di media sosial anda, jangan lupa juga klik like halaman facebook blog ini untuk mendapatkan update terbaru artikel menarik tentang pendidikan. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.