Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Kualitatif

Diposting pada

Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Kualitatif – Seperti penelitian lainnya penelitian kualitatif juga memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Adapun kelebihdan dan kekurangan penelitian kualitatif dapat di lihat pada pembahasan di bawah ini.

Kelebihan Penelitian Kualitatif:

  1. Memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang pendidikan yang akan diteliti,
  2. Mampu menciptakan rapport kepada setiap orang yang ada pada situasi sosial yang akan diteliti. Menciptakan rapport berarti mampu membangun hubungan yang akrap dengan setiap orang yang ada pada konteks sosial,
  3. Memiliki kepekaan untuk melihat setiap gejala yang ada pada obyek penelitian (situasi sosial),
  4. Mampu menggali sumber data dengan observasi partisipan, dan wawancara mendalam secara trianggulasi, serta sumber-sumber lain,
  5. Mampu menganalisis data kualitatif secara induktif berkesinambungan mulai dari analisis deskriptif, domain, komponensial, dan tema kultural/budaya,
  6. Mampu menguji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas hasil penelitian,
  7. Mampu menghasilkan temuan pengetahuan, mengkonstruksi fenomena, hipotesis atau ilmu baru,
  8. Mampu membuat laporan secara sistematis, jelas, lengkap dan rinci,
  9. Mampu membuat abstraksi hasil penelitian, dan membuat artikel untuk dimuat ke dalam jurnal ilmiah,
  10. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian kepada masyarakat luas.

Kekurangan Penelitian Kualitatif

Pada umumnya jangka waktu penelitian kualitatif cukup lama, karena tujuan penelitian kualitatif adalah bersifat penemuan. Bukan sekedar pembuktian hipotesis seperti dalam penelitian kuantitatif. Selain itu juga ada beberapa kekurangan penelitian kualitatif antara lain:

Baca Juga:   Contoh Kasus Uji Regresi Linear Sederhana

  1. Hasil penelitian bergantung pada kemampuan dan pengalaman peneliti.
  2. Kemungkinan perubahan perilaku dari objek penelitian
  3. Prosedur penelitian yang belum standar.

 Penelitian kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengambilan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Dalam proses penelitian dengna menggunakan metode penelitian kualitatif ada beberapa tahapan yang dilakukan dan biasanya disebut dengan rancangan penelitian kualitatif yang secara umum meliputi: tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.

Karakteristik khusus penelitian kualitatif berusaha mengungkapkan berbagai keunikan yang terdapat dalam individu, kelompok, masyarakat, atau organisasi dalam kehidupan sehari-hari secara komprehensif atau hollistik dan rinci. Hal tersebut didukung dengan bermacam-macam pendekatan yang dapat digunakan ketika melakukan penelitian. Adapun macam-macamnya adalah penelitian etnografi, studi kasus, fenomenologi, grounded theori, penelitian tindakan, studi historis. Jadi dengan bervariasisnya pendekatan dalam penelitian kualitatif, sehingga penelitian kualitatif memiliki beberapa kelebihan antara lain: Memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang bidang pendidikan yang akan diteliti, Mampu menghasilkan temuan pengetahuan, mengkonstruksi fenomena, hipotesis atau ilmu baru, Mampu membuat laporan secara sistematis, jelas, lengkap dan rinci, dan lain-lain. Akan tetapi terdapat kelemahan yang sering dialami seorang peneliti ketika menggunakan penelitian kualitatif yakni membutuhkan waktu yang lama.

Baca Juga:   Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Demikian ulasan singkat tentang Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Kualitatif semoga ulasan singkat ini dapat menjadi referensi bagi anda dan semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda. Jika ulasan ini dirasa berguna bagi anda, silahkan bagikan ulasan singkat ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.