Kebiasaan Membaca Opini

Diposting pada

Kebiasaan Membaca Opini – Kebiasaan diartikan sebagai pola untuk melakukan tanggapan terhadap situasi tertentu yang dipelajaraioleh seorang individu dan yang dilakukan secara berulang untuk hal yang sama. Menurut Burghardt (dalam Amalia 2013: 9) kebiasaan timbul karena proses penyusutan kecenderungan respons dengan menggunakan stimulasi yang berulang-ulang. Kebiasaan terjadi karena prosedur pembiasaan.

Berdasarkan dari teori di atas, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan sesuatu yang dikerjakan berulang-ulang dan pada akhirnya menjadi terbiasa secara otomatis.

  1. Membaca

Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Kegiatan membaca, lebih banyak dititikberatkan pada keterampilan membaca daripada teori-teori membaca itu sendiri.

Menurut Nurhadi (dalam Hastuti 2014: 4) membaca adalah sebuah proses yang kompleks dan rumit. Dalam proses membaca terlibat berbagai faktor internal dan eksternal pembaca. Faktor internal dapat berupa inteligensi, minat, sikap, bakat, motivasi, dan tujuan membaca. Faktor eksternal bisa dalam bentuk sarana membaca, teks bacaan (sederhana, berat, mudah, sulit), faktor lingkungan, kebiasaan dan tradisi membaca.

Membaca bukanlah sekedar menyuarakan lambang-lambang tertulis tanpa mempersoalkan apakah rangkaian kata atau kalimat yang dilafalkan tersebut dipahami atau tidak, melainkan lebih daripada itu. Kegiatan demikian memang dapat disebut membaca. Hanya perlu diingat bahwa membaca seperti ini tergolong jenis membaca permulaan sebagaimana dilakukan oleh murid sekolah dasar pada kelas permulaan.

Selanjutnya, menurut Membaca merupakan kemampuan yang kompleks. Membaca bukanlah kegiatan memandangi lambang-lambang yang tertulis semata. Bermacam-macam kemampuan dikerahkan oleh seorang pembaca, agar dia mampu memahami materi yang dibacanya. Pembaca berupaya agar lambang-lambang yang dilihatnya itu menjadi lambang-lambang yang bemakna baginya.

Baca Juga:   Pengertian Drama

  1. Opini

Menurut Panuju (dalam Kusumawati 2013: 31) “Opini adalah pendapat subyektif yang tak ada dalam fakta.”Menulis opini juga suatu keterampilan penulisan yang juga banyak mengkonsumsi media massa, baik itu dimajalah atau surat kabar harian. Opini biasanya menyangkut tentang persoalan-persoalan hidup masyarakat, berbangsa, bernegara. Tulisan opini semacam ini biasanya berisi ide-ide segar, komentar kritis, dan solusi masalah.

Menurut Sa’ud (dalam Kuncoro 2009: 32) “artikel opini adalah tulisan lepas yang berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan atau kontroversi dengan tujuan untuk memberitahukan (informatif), memengaruhi dan meyakinkan atau juga bisa menghibur bagi pembaca (bersifat recreative).” Selain itu, artikel opini tidak terikat dengan berita atau laporan tertentu. Menurut Komaidi (dalam Kuncoro 2009: 32) “artikel opini biasanya menekankan pada pendapat pribadi menulis yang memperkuat argumen logis dan pemikiran kritis terhadap suatu masalah aktual.”

Menurut Kuncoro (2009: 67) “Artikel opini adalah sebuah tulisan yang menekankan pada pendapat seorang penulis atas suatu data, fakta dan kejadian berdasarkan analisis subjektif penulis sendiri. Opini dilekatkan pada artikel ilmiah populer yang dimuat di media massa seperti koran.”

  1. Kebiasaan Membaca Opini

Berdasarkan hasil pemikiran dari beberapa ahli, maka dapat disimpulkan bahwa kebiasaan membaca opini merupakan kegiatan yang yang dilakukan berulang kali untuk hal yang sama, yaitu proses untuk memperoleh suatu pesan yang akan disampaikan oleh penulis melalui media tulis. Pesan-pesan tersebut bisa berupa pendapat seseorang, perkiraan, pikiran atau tanggapantentang suatu hal, yang bersifat subjektif.

Baca Juga:   Pengembangan Instrumen Penelitian

  1. Indikator Kebiasaan Membaca opini

Menurut Kusumawati (2013: 44) aspek kebiasaan membaca opini dapat diukur menggunakan beberapa aspek , yaitu: (1)Waktu dan intensitas membaca, (2)Keseriusan mengikuti jalannya opini, (3) Manfaat membaca opini, (4) Tujuan membaca opini.

Sekian dulu pembahasan tentang Kebiasaan Membaca Opini semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan bermanfaat bagi anda, jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.