Contoh Soal Untuk Aspek Kognitif

Diposting pada

1. Pengetahuan

Pengetahuan adalah ingatan tentang materi atau bahan yang sudah pernah  dipelajari (mengingat). ketika mengetahui fakta kemudian dapat mengingat kembali, maka sudah masuk ranah pengetahuan.

Contoh Soal:

  1. siapakah yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945?
  2. Siapakah presiden ke-2 Indonesia
  3. Tanggal berapakan hari pahlawan di peringati.
  4. Berapa tahunkan belanda menjajah indonesia
  5. Apakah kepanjangan dari NKRI

2. Pengertian

Pengertian atau pemahaman adalah kemampuan untuk menangkap arti suatu materi atau
informasi yang dipelajari. Misalnya pemahaman tentang perakitan komputer yang telah diajarkan sebelumnya.

Contoh Soal:

  1. bagaimanakan cara merakit komputer yang benar..
  2. berapa lamakah perkiraan estimasi waktu yang diperlukan untuk merakit sebuah komputer.
  3. Alat apa saja yang perlu disiapkan sebelum merakit komputer.

3. Aplikasi

Aplikasi adalah kemampuan menerapkan materi atau informasi yang telah dipelajari kedalam suatu keadaan baru dan konkret dengan hanya  mendapatkan sedikit pengarahan. Hal ini termasuk aplikasi dari suatu  aturan, konsep, metode dan teori guna memecahkan masalah.sederhananya, ketika dapat menerapkan apa yang telah diketahui pada suatu keadaan baru yang berbeda. contoh mudahnya ketika kita tahu apa itu subjek dan objek. ketika kita dapat menyebutkan contoh yang berbeda dari subjek dan objek dapat dikatakan sudah memiliki kemampuan aplikasi.

Contoh Soal: Pada masa megalithikum di indonesia, masyarakat sudah mengenal  perdagangan. konsep perdagangan seperti apakah yang diterapkan  masyarakat pada masa tersebut?

Baca Juga:   Teori Konstruktivisme dan Tokoh-Tokoh Konstruktivisme


4. Analisis

Analisis adalah kemampuan memecahkan atau menguraikan suatu materi  atau informasi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga  lebih mudah dipahami.dapat melihat hubungan antar komponen atau sebab akibatnya.

Contoh Soal: Pada masa politik etis, pendidikan mulai gencar digalakkkan di daerah jajahan hindia belanda. kesejahteraan ditingkatkan melalui  imigrasi dan emigrasi. apa yang melatarbelakangi diterapkannnya  politik etis di Indonesia oleh pemerintah hindia belanda?


5. Sintesis

Sistesis adalah kemampuan untuk menyatukan bagian-bagian atau komponen  menjadi suatu bentuk yang lengkap dan unik.berlawanan dengan analisis yang meminta untuk menguraikan menjadi komponen kecil agar dapat terlihat sebab akibat atau hubungan antar komponen, maka sintesis menyatukan komponen tersebut namun dalam bentuk yang berbeda dari sebelumnya ( membuat generalisasi).

Contoh Soal: Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, kehidupan masyarakat  Indonesia tidak dapat dikatakan baik. kekacauan yang terjadi pasca  proklamasi berakibat buruk terhadap berbagai sektor dalam kehidupan. jelaskan bagaimana keadaan  umum perekonomian Indonesia pasca kemerdekaan!


6. Evaluasi

Evaluasi adalah kemampuan menentukan nilai suatu materi, pernyataan,  laporan, cerita atau lainnya dengan tujuan tertentu. Penilaian  dilakukan berdasarkan pada suatu kriteria yang baku dan jelas.

Contoh Soal: Banyak pendapat dari para ahli tentang masuk dan berkembangnyanya Islam Nusantara, menurut mereka Islam masuk kemudian dengan jalan  damai melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, kesenian, dan  politik. Ketika Islam telah melembanga dalam sebuah kerajaan atau  kesultanan, adakalanya islam disebarkan oleh pihak kerajaan dengan
jalan penaklukan dan peperangan dengan daerah lain. Dari kenyataan  tersebut, tepatkah pendapat yang menyatakan Islam tersebar di  Nusantara dengan jalan damai?

Baca Juga:   Keunggulan dan Kekurangan Skala Likert

Demikianlah artikel singkat tentang Contoh Soal Untuk Aspek Kognitif senoga dapat dijadikan referensi, dan jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan share artikel ini. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.