Contoh Isian Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen (SERDOS) Yang Lulus Tahun 2019

Diposting pada

Contoh Isian Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen (SERDOS) Yang Lulus Tahun 2019 – Pembahasan kali ini saya ingin membagikan sedikit informasi tentang Isian Deskripsi Diri yang merupakan salah satu tahapan yang harus di lalui jika ingin lulus pada Sertifikasi Dosen (SERDOS). Saya ikut atau masuk dalam sertifikasi dosen pada sesi I yang prosesnya dimulai pada bulan Maret sampai Mei, setelah dinyatakan masuk dalam serdos sesi I maka yang harus di siapkan adalah tes TKDA maupun TOEF saya mengikuti test TKDA dan TOEF yang di selenggarakan oleh PLTI, jika belum memiliki akun PLTI silahhkan daftar disini.

Saya tidak jelaskan ktiteria kelulusan tes PLTI disini, mungkin akan saya jelaskan pada postingan berikutnya. Tapi yang jelas berdasarkan pengalaman saya gabungan antara tes PLTI dan TOEF minimal mendapatkan skor 6 untuk bisa lolos ke data D5.

Pada tahapan D4 adalah penilaian persepsional penilaian persepsional meliputi penilaian pimpinan, penilaian teman sejawat, penilaian mahasiswa, dan penilaian diri sendiri. Pada masing -masing penilaian ini memiliki skor yang nantinya akan di gabung dengan skor TOEF dan TKDA kemudian di hitung untuk menentukan apakan dosen yang bersangkutan lolos dan masuk ke data D5 atau penyusunan deskripsi diri.

Jika dosen yang bersangkutan lolos ke tahap data D5 atau penyusunan deskripsi diri maka anda tinggal selangkah lagi untuk lulus sertifikasi dosen.

Pada pembahasan kali ini saya ingin fokus ke isian Deskripsi Diri atau D5. berdasarkan pengalaman dan sharing dengan teman-teman yang sudah terlebih dahulu lolos serdos beberapa masukan dan saran juga di berikan salah satunya jangan melihat atau mencontoh deskripsi diri dosen lain atau dosen yang telah lulus sertifikasi dosen karena akan terkena plagiasi dan di pastikan dosen yang bersangkutan tidak akan lolos pada isian diskripsi diri.

Kalau saran saya sah-sah saja anda melihat konten dari deskripsi diri dosen yang sudah lolos sertifikasi asal jangan meniru sama persis, jadi anda hanya melihat runtutan cerita dari isian deskripsi diri dosen yang bersangkutan, kemudian anda ceritakan kembali dengan versi anda dan sesuai seperti yang telah anda kerjakan baik itu dari segi pengajaran, penelitian dan pengabdian.

Penting: setiap dosen mengerjakan kegiatan yang berbeda, sudah dapat di pastikan isian deskripsi diri pasti berbeda, jadi jangan meniru deskripsi diri rekan dosen atau yang ada di internet.

Isian deskripsi diri saya ini sudah di ajukan pada serdos sesi I tahun 2019 dan dinyatakan lulus pada bulan Juni, ini hanya sebagai referensi bagi anda yang sedang mengisi deskripsi diri. Berikut saya sertakan screenshot hasil penilaian.

Berikut isian deskripsi diri saya pada serdos sesi I tahun 2019.

A.1. Pengembangan Kualitas Pembelajaran
  • Usaha Kreatif

Sebagai dosen yang mengabdikan diri pada era milenial seperti saat ini saya harus di tuntut untuk memberikan susuatu yang baru, sesuatu yang tidak membuat mahasiswa bosan dengan kegiatan perkuliahan, selain mengajar dengan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya dengan Model pembelajaran berbasis ICT dan beberapa model pembelajaran yang sudah banyak saya rangkum dalam blog pribadi saya di alamat http://fatkhan.web.id/,  serta saya juga mengajak mahasiswa untuk menggunakan layanan elektronik learning (e-learning) yang dimiliki kampus di alamat http://elearningkom.stkippersada.ac.id/index.php/login  dengan harapan mahasiswa dapat lebih bersemangat dalam perkuliahan dengan elearning ini saya dapat berinteraksi dengan mahasiswa kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi dengan jaringan internet saya bisa mengunggah materi perkuliahan serta modul-modul perkuliahan.

 Saya mengajar di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dimulai pada tahun 2015 saya mengampu beberapa matakuliah yang mengharuskan ada praktikum didalamnya mata kuliah yang saya ampu antaralain adalah pengantar Aplikasi Komputer, Komputer Terapan, Media pembelajaran berbasis TIK, pada awal perkuliahan seperti biasa saya menyampaikan kontrak kuliah yang di sepakati bersama antaralain maksimal keterlambatan, sistem penilaian,tugas-tugas, serta minimal kehadiran dalam satu semester. Perkuliahan praktikum dari awal sampai akhir mengharuskan siswa mengikuti apa yang saya kerjakan di depan, saya menggunakan metode tutorial demonstrasi dan latihan yang di kombinasikan dengan proyek akhir per individu pada 3 pertemuan diakhir semester. Pada awal mengajar metode yang saya ajarkan sangat membuat mahasiswa antusias karena mereka bisa mempraktikkan langsung apa yang saya demonstrasikan.

Namun permasalahan muncul pada saat pengerjaan proyek seperti pada matakuliah Media Pembelajaran Berbasis TIK misalnya pada proyek akhir saya mengajak mahasiswa untuk membuat sebuah proyek media pembelajaran dengan menggunakan Slide Master pada Microsoft Powerpoint  secara individu. Pada saat pengumpulan media pembelajaran, kebanyakan media pembelajaran tidak sesuai dengan ketentuan atau aspek penilaian media pembelajaran salah satunya adalah desain tampilan yang masih kurang harmonis, ukuran tulisan serta warna latar belakang masih sama dengan tulisan sehingga sulit terbaca. Kemudian saya mencoba merefleksi perkuliahan sebelumnya pada perkuliahan semester selanjutnya motode tidak saya rubah hanya saya lebih menekankan penjelasan pada poin-poin yang masih kurang dan merubah format pada saat proyek akhir, yang awalnya proyek di kerjakan individu pada semester selanjutnya dikerjakan dalam kelompok kecil tiga mahasiswa dalam satu kelompok. Hasilnya setelah dikerjakan dengan kelompok kecil cukup signifikan desain tampilan baik memenuhi kriteria aspek penilaian,  kesesuaian tema media dengan materi pejalaran juga baik, serta tata warna yang harmonis.

Dampak perubahan

Pemanfaatan teknologi dalam proses perkulihan memberikan dampak positif bagi mahasiswa, penggunakan elearning kampus  dengan tujuan meningkankan daya serap atas materi yang diajarkan serta memberikan fleksibelitas bagi mahasiswa dalam mengakses materi perkuliahan dan dengan elearning juga dosen dapat menggunggah semua materi perkuliahan di awal semester sehingga mahasiswa mengunduh semua materi perkuliahan dan dapat mempelajari materi yang akan disampaikan dosen selanjutnya. Dukungan penuh dari kampus juga sangat membantu bagi mahasiswa,  dengan disediakannya jaringan WiFi di seluruh penjuru kampus yang bisa diakses bebas oleh mahasiswa menjadikan layanan elearning menjadi lebih efisien. Dan elearning juga menjadikan mahasiswa dapat melakukan diskusi dengan dosen dan dengan teman sejawat di luar jam kuliah. Pada proses perkuliahan memberikan tugas kelompok berupa projek akhir pada akhir perkuliahan juga  memberikan pengalaman dan wawasan bagi mahasiswa, mahasiswa  juga menjadi aktif dan kreatif dalam merancang sebuah media pembelajaran. Karena mahasiswa di STKIP persada Khatulistwiwa ini diharapkan menjadi calon pendidik atau guru maka membuat presentasi yang menarik merupakan hal yang harus dimiliki, karena sebelum mendapatkan mata kuliah Media pembelajaran dan TIK mahasiswa hanya mampu membuat presentasi sederhana. Setelah mendapatkan materi pada matakuliah Media Pembelajaran dan TIK mahasiswa bisa membuat presentasi dengan animasi yang kompleks menggunakan variasi tombol menu, trigger serta slide master yang menjadikan tampilan presentasi lebih hidup dan menarik karena materi tersebut semua yang diajarkan selama satu semester pada mata kuliah ini.

A.2. Berikan CONTOH NYATA kedisiplinan, keteladanan, dan keterbukaan terhadap kritik yang Saudara tunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran.
  • Kedisiplinan

Dalam pengelolaan kelas kedisiplinan merupakan sikap yang harus dimiliki oleh dosen dalam mengelola kelas pada awal perkuliahan saya selalu meberikan kontrak kuliah yang didalamnya terdapat manfaat dari matakuliah, deskripsi singkat tentang matakuliah, strategi perkuliahan dimana pada poin ini dijelaskan jumlah pertemuan dalam satu semester, metode yang digunakan dalam perkuliahan selama satu semester. Pada perkuliahan praktikum, saya gunakan metode tutorial, demonstrasi dan latihan. Dua kali tugas dalam satu semester dan minimal pertemuan yang harus di penuhi mahasiswa dalam satu semester adalah 12 kali pertemua jika mahasiswa tidak memenuhi syarat minimal pertemua maka mahasiswa yang bersangkutan tidak di perkenankan mengukuti ujian akhir semester. Yang terakhir adalah tata tertib mahasiswa selama mengikuti perkuliahan yang disepakati bersama antara lain hadir paling lambat 15 menit sebelum perkuliahan di mulai, setelah terlambat lebih dari 15 menit mahasiswa tidak diperkenankan untuk masuk kelas kecuali dengan alasan logis disertai bukti. Tidak di perkenankan menggunakan kaos oblong dan sandal. Khusus pada perkuliahan saya tidak ada ujian dan penugasan susulan, karena untuk melatih mahasiswa agar dapat dengan sungguh-sungguh kuliah tanpa mengharapkan adanya ujian ulang/susulan. Pada proses perkuliahan semua tugas dikumpulkan dengan menggunakan e-mail dengan batas maksimal pengumpulan yang saya tentukan. Seperti yang sudah saya lakukan, tugas maksimal dikumpulkan satu minggu dari hari pemberian tugas,  dan tugas di kumpulkan maksimal sebelum jam 12 malam, dengan demikian mahasiswa di tuntut untuk disiplin waktu dalam mengumpulkan tugas. Menjadikan mahasiswa disiplin juga harus dibarengi dengan sikap disiplin yang harus saya tunjukkan kepada mahasiswa. Hal sederhana disiplin yang saya tunjukkan kemahasiswa adalah dengan masuk kelas tepat waktu. Kedisiplinan juga saya terapkan pada saat mengeluarkan nilai akhir mahasiswa dari tanggal yang telah di sepakati biasanya seminggu setelah UAS,  maka pada tanggal itu juga saya harus mengeluarkan nila akhir siswa yang merupakan gabungan dari aktivitas, nilai tugas, nilai ujian tengah semester dan Nilai ujian akhir semester.

  • Keteladanan

Semenjak terjun dalam dunia pendidikan dan menjadi seorang dosen menurut saya untuk menjadi teladan bagi mahasiswa saya harus terlebih dahulu cinta terhadap profesi ini. Karena menurut saya, saya bisa memberikan teladan maka harus ikhlas pada profesi ini. Sebagai seorang dosen yang bertindak sebagai orang tua serta sebagai teman bagi mahasiswa, seperti kita ketahui bersama bahwa kehidupan di kampus merupakan kehidupan yang bisa di bilang cukup bebas, mahasiswa sedang mencari jati diri. Maka dari itu saya lebih menganggap diri saya sebagai teman sekaligus sebagai fasilitator. Banyak sekali keteladanan yang bisa saya tunjukan kepada mahasiswa antara lain:

  1. keteladanan dalam berpakaian, sebagai seorang dosen selalu berusaha berpakaian rapi layaknya seorang pendidik yang juga saya wajibkan kepada mahasiswa saya yang merupakan calon guru dan kelak akan menjadi seorang guru,  juga akan menjadi teladan bagi siswanya.
  2. Keteladanan dalam berperilaku, seorang dosen juga harus berprilaku baik kepada mahasiswa dan kepada rekan kerja. Dalam proses belajar di kelas sebisa mungkin saya berperilaku yang baik biasanya saya selalu bersemangat dalam mengajar agar mahasiswa tidak bosan.
  3. Keteladanan dalam bertutur kata, setiap mengajar seorang dosen pasti harus berbicara menyampaikan materi, saya pribadi selalu berusaha menggunakan tutur kata yang sopan dan baik dalam mengajar hal tersebut juga saya wajibkan kepada mahasiswa saya pada saat presentasi. Karena di kampus tempat saya bekerja mahasiswa banyak yang berasal dari daerah yang jauh dari kota sebagian dari mahasiswa masih banyak yang menggunakan bahasa daerah dan menggunakan kata “Kau” dan “Aku” untuk berbicara dengan dosen atau orang yang lebih tua.
Baca Juga:   Pengertian Persepsi Siswa

Selain mengajar saya juga sebagai pembimbing akademik, mahasiswa bimbingan saya sekarang sudah semester 4 dari yang awalnya berjumlah 24 mahasiswa sekarang hanya tersisa 17 mahasiswa berdasarkan informasi yang saya peroleh 7 orang mahasiswa tersebut keluar dari kuliah dikarenakan berbagai hal yakni terkendala biaya dan  hamil diluar nikah yang menyebabkan harus berhenti kuliah karena hasus menikah. Dari kasus mahasiswa bimbingan saya maka selain mengajarkan materi pelajaran, sebagai seorang dosen saya juga selalu memberikan motivasi  di kelas agar mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu.

  • Keterbukaan terhadap kritik

Saya suka mengkritik namun saya tidak anti kritik ada kritik yang saya terima baik dari mahasiswa maupun dari rekan kerja salah satu kritik yang pernah saya terima dari mahasiswa adalah pada saat menjelaskan materi praktikum terlalu cepat sehingga susah diikuti oleh beberapa mahasiswa. Terkadang saya merasa tempo sudah cukup lambat namun saya dapat memaklumi karena setiap mahasiswa berbeda-beda dalam menyerap informasi. oleh karena itu setiap selesai menjelaskan sesuatu di kelas saya akan bertanya apakah penjelasan sudah jelas atau terlalu cepat, jika masih banyak mahasiswa belum jelas dengan penjelasan yang saya berikan saya akan ulangi pada point yang belum jelas tersebut. Selagi kritik tersebut merupakan kritikan yang membangun dan berguna bagi diri saya, akan saya terima dan menjadi refleksi bagi saya.

Di kampus tempat saya bekerja, memiliki unit penjamin mutu yang agenda setiap semester diadakan penilaian dari mahasiswa untuk dosen yang mengajar banyak sekali poin yang dinilai, antara lain kemempuan dosen, cara dosen memberikan kuliah, kedisiplinan dosen, pengelolaan kelas. Setiap akhir semester atau awal semester baru, biasanya penilaian tersebut di serahkan ke dosen yang bersangkutan untuk dijadikan refleksi. Dari hasil penilaian tersebut saya bisa melihat sebagai kritikan membangun bagi saya untuk memperbaiki poin-point yang kurang untuk proses pembelajaran pada semester selanjutnya. Agar proses pembelajaran menjadi lebih baik kedepannya.

B.1. Sebu Sebutkan publikasi karya-karya ilmiah/seni yang telah Saudara hasilkan dan tunjukkan buktinya dengan cara mengunggahnya. Bagaimana makna dan kegunaannya dalam pengembangan keilmuan/keahlian. Jelaskan bila karya tersebut memiliki nilai inovatif.
  • Publikasi Karya Ilmiah

Saya kuliah magister pada jurusan Pendidikan Kejuruan konsentrasi Pendidikan teknik Informatika, pendidikan kejuruan erat kaitannya dengan Sekolah menengah Kejuruan (SMK). Oleh karena itu penelitian tesis saya merupakan penelitian yang bernuansa Sekolah Menengah Kejuruan dan telah dipublikasikan pada jurnal nasional tidak terakreditasi VoX Edukasi Vol 7, No 2 (2016) dengan judul 

Kontribusi Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Kompetensi Kejuruan Terhadap Peningkatan Minat Bekerja Pada Siswa SMK Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di Kota Sintang dapat dilihat pada link berikut: http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/75

Pada tahun 2017 saya mengajukan proposal Penelitian Dosen Pemula Dikti untuk tahun anggaran 2018 dengan peran sebagai ketua peneliti dengan anggota sebanyak dua orang dengan judul Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Se-Kota Sintang  dan Alhamdulillah berhasil lolos dan di danai sebesar Rp. 16.000.000 penelitian tersebut Alhamdulillah telah selesai dilaksanakan dan sudah saya publikasikan juga pada jurnal nasional tidak terakreditasi Vox Edukasi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Vol 10, No 1 (2019) April dengan link akses berikut ini: http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/326 dan Sebagai Pemakalah pada Seminar Nasional pendidikan dan pembelajaran bagi guru dan dosen 2018 di Universitas Kanjuruhan Malang dapat diakses pada link berikut: https://semnas.unikama.ac.id/fip/?c=artikel&m=arsip&tahun=2018 Sertifikat sebagai pemakalah dapat dilihat pada CV. Serta telah saya daftarkan pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (HKI) dengan kategori karya tulis (artikel) dengan nomor pencatatan 000121724 (sertifikat HKI dapat dilihat pada CV).

Pada tahun 2018 saya juga melakukan penelitian yang di danai oleh STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dengan judul Pengaruh Margin Pembiayaan, Prosedur Pembiayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Pada Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat KCP Syariah Cabang Sintang artikel sedang proses review pada jurnal nasional tidak terakreditasi Jurnal pendidikan Ekonomi (JURKAMI) yang InsyaAllah akan terbit pada bulan November dan penelitian ini juga telah kami daftarkan pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (HKI) dengan kategori laporan penelitian dengan Nomor Pencatatan 000137801 (sertifikat dapat dilihat pada CV.).

  • Makna dan Kegunaan

Penelitian yang saya lakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki makna dan kegunaan untuk melihat sejauh mana kondisi sosial ekonomi orang tua serta kompetensi kejuruan Terhadap minat bekerja siswa SMK setelah lulus, hasil penelitian didapatkan hasil bahwa jika orang tua siswa berada dalam kategori mampu dalam hal ekonomi orang tua cenderung menyarankan anaknya untuk lanjut sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau kuliah begitu pula sebaliknya jika orang tua siswa masuk dalam kategori kurang mampu dalam hal ekonomi orang tua lebih menyarankan untuk anaknya agar langsung bekerja. Maka dari itu lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) haruslah tenaga kerja yang terampil dan siap dipakai di dunia usaha dan dunia industri. Terlebih sekarang persaingan dalam memperoleh pekerjaan sangatlah ketat tenaga kerja tidak terampil maka tidak akan di gunakan. Penelitian saya ini juga dapat menjadi pertimbangan untuk sekolah agar dapat menyamakan kompetensi yang dibutuhkan  dunia kerja.

Kemudia pada penelitian saya selanjutnya penelitian ini ingin menggali lebih dalam tentang apasajakan yang menjadi keputusan nasabah dalam mengambil pembiayaan pada sebuah Bank dalam hal ini bank yang saya jadikan tempat penelitian adalah Bank BPD Kalbar Syariah cabang Sintang. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa salah satu hal yang mempengaruhi nasabah mengambil pembiayaan pada Bank BPD Kalbar adalah karena proses/prosedur pembiayaan yang mudah dan margin pembiayaan yang ringat mengakibatkan nasabah ingin mengambil pembiayaan pada bank BPD Kalbar. Hasil penelitian ini berguna sebagai masukan bahwa prosedur yang mudah pada sebuah bank mempengaruhi pengambilan pembiayaan pada sebuah bank, khususnya bank BPD Kalbar.

  • Nilai Inovatif

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lulusan yang di harapkan terampil dan siap kerja pada saat lulus, namun pada kenyataannya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan masih sebagai penyumbang pengangguran terbanyak, menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2018 sebesar 8,92% Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan menganggur. Penelitian saya ini mengkaji tentang minat kerja dan kesiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan, mengapa minat dan kesiapan kerja siswa SMK kurang? Menurut analisis saya  karena semenjak duduk di bangku SMK mereka tidak mendapatkan kejelasan apasaja yang di butuhkan di dunia kerja. Kompetensi apa saja yang dibutuhkan dunia kerja/dunia industri.

Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi yang pertama tenaga pendidik kurang berkompeten, kemudian SMK tidak memperbaharui informasi apasaja yang di butuhkan di dunia kerja sehingga tidak ada kecocokan antara lulusan SMK dan dunia kerja/industri.

Pada penelitian saya ini saya mengajak pemerintah, sekolah untuk saling Link and match dengan pihak industri agar seluruh lulusan SMK memiliki kesiapan dan minat dalam bekerja serta kesiapan dalam masuk ke dunia usaha/industri. Meskipun pada tahun 2017 telah terbit peraturan mentri perindustrian nomor 3 tahun 2018 tentang pendidikan kejuruan berbasis industri. Namun implementasi di lapangan SMK dan pihak industri masih belum singkron dengan baik.

B.2. Berikan CONTOH NYATA konsistensi dan target kerja yang Saudara tunjukkan dalam pengembangan keilmuan/keahlian.
  • Konsistensi

Saya memiliki latar belakang pendidikan Komputer meskipun pendidikan sarjana bukanlah pendidikan melainkan komputer murni dengan jurusan Sistem Informasi, namun saya konsisten untuk menempuh pendidikan dengan latar belakang yang sama,  saya kuliah Magister Pendidikan dengan Jurusan Pendidikan Kejuruan dengan konsentrasi Pendidikan Teknik Informatika agar tetap konsisten dengan latar belakang pendidikan saya.

Setelah menyelesaikan kuliah Magister Pendidikan dan mulai mengajar saya konsisten mengajar matakuliah yang sesuai dengan latar belakang pendidikan saya yakni komputer dan saya juga bergabung di program studi pendidikan komputer di kampus tempat saya bekerja.

Dalam bidang penelitian sebisa mungkin tetap menjaga konsistensi pada keilmuan saya yaitu pendidikan komputer, saya juga meneliti tentang pendidikan dan komputer seperti yang telah saya jelaskan di atas. Tentang kesiapan dan minat bekerja pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam dua tahun belakangan ini saya selalu menargetkan untuk selalu mengajukan proposal penelitian baik yang di danai Dikti maupun didanai Kampus. Pada tahun 2019 ini proposal penelitian yang saya ajukan pada skim penelitian dosen pemula Alhamdulillah lolos kembali hibah Dikti.

Dalam hal pengabdian saya juga melakukan pengabdian masyarakat pada sebuah desa, yakni desa Sepulut, Kecamatan Sepuk, kabupaten Sintang pada tahun 2016, dimana pada pengabdian tersebut saya mengajak desa tersebut untuk menuju desa digitalisasi dengan cara mempublikasi berbagai keunggulan desa melalui Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) agar desa lebih dikenal dunia dengan keunggulan pariwisatanya dan kerajinan desanya. Setiap semesternya saya selalu melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pada tahun 2018 saya melakukan pengabdian di SDN 01 nanga Dedai, kecamatan dedai kabupaten Sintang.

  • Target Kerja

Saya lulus dari magister pada tahun 2015 target pada saat saya lulus saya harus mengaplikasikan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi yang beberapa model sudah saya tuliskan di dalam blog pribadi saya. Salah satu model yang juga sudah pernah saya pakai adalah problem based learning yang mana pembelajaran berbasis proyek saya gunakan untuk mata kuliah media pembelajaran dan TIK dengan target anak SD, masalah yang di hadapi pada saat siswa SD diajarkan menggunakan metode konvensional siswa kurang aktif dan terfokus pada pelajaran, oleh sebab itu saya menggunakan model ini untuk membuat/merancang media pembelajaran yang menarik untuk siswa SD.

Target saya setelah hampir dua tahun saya bekerja dan mengajar saya mengajukan jabatan fungsional untuk asisten ahli, jabatan fungsional asisten ahli saya saya dapatkan pada tahun 2017.

Target dalam bidang penelitian saya menargetkan untuk selalu mengajukan hibah Dikti. Almahdulillah Pada tahun 2017 pendanaan tahun 2018 proposal penelitian saya lolos hibah Dikti, dan pada tahun 2018 pendanaan banyak keuntungan yang didapat jika lolos hibah dikti salah satunya semua kebutuhan untuk proses penelitian dan publikasi semua didanai oleh dikti, dan tahun 2019 juga proposal penelitian saya juga didanai oleh dikti. Dalam bidang pengabdian pada masyarakat juga saya juga menargetkan untuk rutin mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat baik sebagai ketua maupun sebagai anggota salah satunya adalah pelatihan penulisan proposal PTK bagi guru di SDN 01 Nanga Dedai Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang.

Baca Juga:   Langkah-Langkah Untuk Membangun Sistem Aplikasi

C.1. Berikan CONTOH NYATA penerapan keilmuan/keahlian Saudara dalam berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Deskripsikan dampak perubahan dan dukungan masyarakat terhadap kegiatan tersebut!
  • Kegiatan PKM

Tugas utama dosen selain pengajaran dan penelitian adalah pengabdian kepada masyarakat, sebagai dosen yang wajib melaksanakan kegiatan penagdian kepada masyarakat saya berusaha berperan aktif dalam kegiatan tersebut baik sebagai ketua maupun anggota adapun kegiatan pengabdian masyarakat yang pernah saya laksanakan antara lain:

  1. Sosialisasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) Guna Meningkatkan Efisiensi Kinerja Desa, pada tahun 2017. Sistem Informasi Desa dan Kawasan merupakan sistem informasi bagi desa yang sangat kompleks yang ditujukan untuk desa dalam mencatat segala kebutuhan administrasi desa, didalamnya terdapat beberapa fitur antara lain desa dapat dengan mudah mengelola data desa baik data kependudukan, keuangan dan data kemiskinan, dan surat menyurat yang terintegrasi dengan data-data desa, pemerintah desa dapat melayani kebutuhan masyarakat dalam surat menyurat dengan optimal. Selain itu desa juga dapat menampilkan keunggulan desa dengan mempublish berita desa dan kegiatan-kegiatan desa. Pengabdian ini dilaksanakan dalam 1 hari mulai jam 8 sampai jam 11.30.
  2. Pelatihan penelitian tindakan kelas untuk guru SDN 01 Nanga Dedai, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang. Pada tahun 2018. SDN 01 Nanga Dedai merupakan SD yang berada di desa dan jauh dari kota perjalanan dari kota di tempuh dengan dua jam melewati medan berbatu dan berbukit, pada umumnya keresahan para guru pedalaman adalah kesulitan dalam memulai menulis karya tulis ilmiah karena sarana pendukung seperti kurangnya referensi baik offline maupun online karena terbatasnya sinyal internet. Sesuai dengan keputusan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara  nomor 84/1993 tentang jabatan fungsional guru, dimana salah satu poinnya dalam kegiatan pengembangan profesi adalah menulis karya tulis ilmiah. Pada pengabdian ini, saya dan tim mulai mengajak guru untuk menemukan permasalahan yang di hadapi dalam proses pembelajaran, dan mulai membimbing bagaimana memulai menulis karya tulis ilmiah.
  3. Penulisan karya ilmiah bagi guru anggota MGMP Ekonomi SMA Se-Kota Sintang, Pada tahun 2018. Tidak jauh berbeda dengan poin nomor dua pada pengabdian ini juga saya dan tim membimbing guru untuk menemukan permasalahan dan memulai menulis karya tulis ilmiah.
  • Dampak Perubahan

Kegiatan pengabdian Sistem informasi desa menunjukkan dampak yang signifikan hal ini di tunjukkan dengan antusiasnya para perangkat desa mempelajari aplikasi ini. Menurut bapak sekertaris desa aplikasi ini sangat membantu dalam kepengurusan surat menyurat dan pendataan kependudukan, untuk membuat surat keterangan atau surat pengantar admin aplikasi hanya perlu memasukkan nama dan data lain yang di perlukan kedalam template surat yang telah di setting sebelumnya kemudian mencetaknya. Namun sayangnya infrastruktur desa yang belum teraliri listrik secara stabil dan sinyal internet yang hanya ada pada titik-titik tertentu sehingga aplikasi belum terlalu efisien karena hanya di jalankan pada jaringan lokal (Local Area Network). Aplikasi ini juga harus menggunakan hosting dan domain agar bisa online dan dapat diakses seluruh dunia karena ada fitur keunggulan desa dan berita-berita seputar desa.

Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru di desa Nanga Dedai, dampak perubahan signifikan yang di rasakan adalah selain guru-guru antusias dalam menyimak penjelasan tentang penelitian tindakan kelas,  guru-guru juga mulai terbuka wawasan dalam menulis penelitian tidakan kelas yang mana diawal guru-guru bingung ingin mulai menulis dari mana bahkan beberapa guru mulai berdiskusi tentang judul yang akan digunakan sebagai topik penelitian. Dampak perubahan yang sama juga dirasakan guru-guru pada kegiatan pengabdian penulisan karya ilmiah bagi guru anggota MGMP Ekonomi se-kota Sintang, para guru sangat antusias terhadap kegiatan ini.

  • Dukungan masyarakat

Sebelum melaksanakan kegiatan pengabdiam pada masyarakat terlebih dahulu saya dan tim melakukan penjajakan awal ke tempat pelaksanaan pengabdian, apakah program yang akan kami sampaikan dapat di terima dan didukung pihak terkait dalam hal ini desa tujuan. Dari studi awal inilah didapatkan gambaran tentang apa saja materi yang akan di sampaikan, dan juga dapat melihat bagaimana respon kepala desa sebagai pimpinan tertinggi di desa. Kepala desa sangat mendukung dan memberikan izin untuk dilaksanakannya kegiatan ini, terlihat dari desa siap menyediakan tempat aula desa untuk kami melaksanakan kegiatan pengabdian ini desa juga menyediakan infokus, sound system serta perlengkapan pendukung lainnya. Bahkan warga desa turut diundang dan hadir dalam kegiatan ini untuk mendapatkan wawasan tentang administrasi desa dengan menggunakan aplikasi ini.

Dukungan juga diberikan oleh kepala sekolah tempat dilaksanakannya kegiatan pengabdian penulisan karya ilmiah dengan memberikan perizinan dan tempat untuk kegiatan pengabdian ini dan dengan kesedian kepala sekolah mengutus guru-guru untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian ini.

Jadi pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami laksanakan kami amati kami mendapat dukungan penuh dari masyarakat, dan juga terlihat antusias guru-guru dalam mengikuti segenap rangkaian kegiatan pengabdian yang kami laksanakan.

C.2. Berikan CONTOH NYATA kemampuan berkomunikasi dan kerjasama yang Saudara tunjukkan dalam pengabdian kepada masyarakat.
  • Kemampuan berkomunikasi

Dalam Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kemampuan berkomunikasi mutlak dibutuhkan untuk menyampaikan gagasan atau ide yang akan di sampaikan atau di tawarkan untuk kegiatan pengabdian. Gaya komunikasi juga berbeda-beda pada setiap lokasi tempat dilaksanakannya kegiatan pengabdian. Contohnya pada saat pengabdian di sekolah, di sekolah dasar yang lokasinya jauh dari kota guru-guru yang mengajar adalah guru-guru yang sudah usia lanjut maka dari itu  dalam menyampaikan materi saya lebih menekankan pada penelusuran permasalahan yang paling sering di hadapi oleh guru dalam proses pembelajaran, permasalahan itu antara lain kemampuan kognitif siswa SD di desa sangat rendah. Kemudian saya memberikan beberapa pilihan untuk memecahkan permasalahan tersebut antara lain dengan media pembelajaran atau model pembelajaran. Saya juga memberika  banyak contoh-contoh judul karya tulis ilmiah yang dapat dijadikan referensi bagi guru.

Komunikasi berbeda saya sampaikan saat saya melaksanakan kegiatan pengabdian di desa, mulai dari saat pertama kali saya datang dan menyampaikan apa yang akan saya berikan pada kegiatan ini sampai pada saat kegiatan dilaksanakan. Karakteristik penduduk desa yang masih sangat erat rasa kekeluargaan menjadikan saya harus berbaur dengan para peserta yang hadir pada kegiatan pengabdian yang terdiri dari perangkat desa dan warga desa. Materi disampaikan dengan di sisipi guyonan khas warga lokal agar terkesan santai namun tetap dapat di pahami. Bahkan untuk menjaga suasana kegiatan tetap akrab dan santai sesekali saya menyisipkan bahasa asli setempat agar kegiatan tidak terkesan serius.

  • Kemampuan kerjasama

Kemampuan Berkerjasama saya awali pada tim UPT. Teknologi Informasi dimana kami di percaya untuk membangun infrastruktur jaringan kampus dan merancang beberapa website untuk mendukung kegiatan akademik dan kemajuan kampus.

Sebelum malaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat saya membentuk sebuah tim dimana dalam tim ini sama-sama memikirkan dan merancang konsep pengabdian yang akan di laksanakan. Tim yang terdiri dari beberapa orang dosen sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dari masing-masing kemampuan atau bidang keahlian inilah dibagi beban kerja masing-masing individu. Setiap individu dalam tim menyiapkan materi yang akan di sampaikan pada saat kegiatan sesuai porsi yang telah di tentukan di awal. Contohnya nyata pada saat pengabdian penulisan karya ilmiah saya mendapatkan tugas untuk menyampikan materi tentang strategi pemilihan metode atau model pembelajaran untuk memecahkan permasalahan di kelas. Begitu pula dengan anggota tim yang lain ada yang menyiapkan materi tentang bagaimana menemukan masalah rill dalam kelas, ada juga yang menyampaikan materi bagaimana cara menganalisis dan menyajikan hasil dari penelitian.

Pada setiap kegiatan pengabdian saya dan tim juga bekerja sama dengan beberapa mahasiswa yang sengaja kami ikut sertakan untuk menambah wawasan, agar mahasiswa dapat bersosialisasi dengan masyarakat. Peran mahasiswa disini untuk membantu kami menyiapkan segala sesuatu untuk kelancaran kegiatan, seperti menyiapkan dan membagikan konsumsi kepada peserta dan menjadi notulen pada saat kegiatan berlangsung. Kerjasama juga kami jalin dengan pihak yang telibat langsung dengan kegiatan seperti desa dan sekolah, dan peserta dimana setelah kegiatan berlangsung jika terjadi kendala atau kesulitan pada saat pengaplikasian materi yang kami sampaikan peserta dapat menghubungi kami melalui kontak yang sengaja kami tinggalkan agar komunikasi tetap terjalin meskipun kegiatan telah selesai dilaksanakan.

D.1. Berikan CONTOH NYATA kontribusi Saudara sebagai dosen, berupa pemikiran untuk meningkatkan kualitas manajemen/pengelolaan institusi (universitas, fakultas, jurusan, laboratorium, manajemen sistem informasi akademik, dll), implementasi kegiatan, dan bagaim
  • Implementasi kegiatan dari usulan/pemikiran

Pada awal saya bergabung dengan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang saya langsung bergabung kedalam tim penyusun borang pembentukan program studi baru yakni Program Studi Pendidikan Komputer. Tim kami yang beranggotakan lima orang mulai menyusun borang mulai dari standar satu Visi dan Misi, Standar dua Tata kelola sampai pada Standar 9 Keuangan. Meskipun beberapa kali mengungah dan mendapatkan beberapa kali revisi dari tim penilai Alhamdulillah pengajuan program studi baru Pendidikan Komputer di setujui oleh tim penilai pada tahun 2018 dengan nomor SK 659/KPT/I/2018. Dan sudah berjalan di tahun yang sama.

Setelah berhasil dengan pengajuan program studi pendidikan komputer saya bergabung dengan TIM UPT. Teknologi Informasi di TIM Teknologi Informasi banyak sekali pekerjaan saya dan tim usulkan mulai dari menyiapkan website portal kampus, website prodi, website lembaga-lembaga dan UPT, SIAKAD, Elearning, dan membangun infrastruktur jaringan kampus agar semua dapat terkoneksi satu sama lain dan mahasiswa dapat mengakses jaringan internet (WiFi) di sekitar wilayah kampus dengan memasang router-router wifi di titik-titik strategis sekitar kampus. Usulan tersebut disambut baik oleh pimpinan kami dan pengerjaan di mulai pada tahun 2016. Sebelumnya kampus sudah memiliki website portal kampus namun belum layak karena tidak dapat menyajikan info terbaru, kegiatan serta agenda-agenda seputar kampus hanya berita dengan tampilan seperti layaknya blog pribadi biasa.

Pada tahun 2017 akhir hampir keseluruhan kegiatan yang diusulkan untuk pengembangan teknologi informasi selesai, website kampus yang beralamat di http://stkippersada.ac.id/ , website siakad portal mahasiswa yang beralamat di http://stkippersada.id/mahasiswa/login, portal dosen yang beralamat di http://stkippersada.id/dosen/login portal penerimaan mahasiswa baru secara online di http://stkippersada.id/ serta beberapa website prodi antara lain program studi PGSD dengan alamat: http://pgsd.stkippersada.ac.id/ program studi bahasa dan sastra Indonesia dengan alamat http://pbsi.stkippersada.ac.id/  website UPT. Perpustakaan dengan alamat: http://perpustakaan.stkippersada.ac.id/ website elibrary dengan alamat: http://elibrary.stkippersada.ac.id/ dan website repository kampus dengan alamat: http://repository.stkippersada.ac.id/. Hanya saja ada beberapa permasalahan di siakad pada saat implementasi harus mengalami trial and error sehingga membutuhkan waktu untuk penyesuaian.

Baca Juga:   Pengertian Assesmen Berbasis Portofolio

Dapat memberikan sumbangsih bagi kempus merupakan suatu kebanggaan bagi saya, untuk itu saya selalu menyarankan kepada pimpinan untuk selalu melakukan pembaharuan terhadap teknologi terkini untuk kemajuan kampus dan kemajuan mahasiswa. Saya sadari terlalu terfokus pada kegiatan yang padat sepanjang tahun mengakibatkan kewajiban penelitian dan pengabdian saya menjadi sedikit tertinggal oleh sebab itu pada tahun 2018 saya mulai menargetkan untuk lebih giat melakukan kegiatan untuk menunjang karir dosen saya yaitu melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

  • Dukungan Institusi

Sebagai lembaga institusi dukungan selalu diberikan kepada dosen baik berupa moral dan materil contohnya setiap semster lembaga selalu memberikan dana hibah kepada dosen untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian. Alhamdulillah pada tahun 2018 proposal penelitian dan pengabdian saya setelah melalui seleksi  berhasil lolos untuk didanai oleh institusi pada penelitian saya didanai sebesar Rp. 5.000.000 dan pada pengabdian saya didanai sebesar Rp.1.700.000.

Dukungan juga diberikan institusi dalam perjalan saya dan tim untuk penjajakan guna menjalin kerjasama dengan instansi-instansi baik instansi pemerintah maupun instansi swasta. Dukungan berupa dukungan finansial dalam bentuk uang transportasi dan operasional.

Selain dukungan dalam hal penelitian dan pengabdian institusi juga memberi dukungan nyata pada saat saya dan TIM teknologi informasi mengembangkan berbagai sistem dan infrastruktur jaringan di kampus. Dukungan finansial diberikan untuk penambahan bandwidth internet yang awalnya hanya 40Mbps kini menjadi 100Mbps yang di alokasikan untuk berbagai kebutuhan kampus mulai dari jaringan WiFi mahasiswa dan dosen sampai alokasi untuk kebutuhan komputer server yang membutuhkan koneksi besar dan stabil. Selain penambahan kapasitas bandwidth jaringan internet institusi juga memberikan komputer server yang harganya puluhan juta rupiah untuk kebutuhan server/ data center. Aplikasi SISTER merupakan aplikasi yang juga ada pada server STKIP persada Khatulistiwa Sintang.

Intinya seluruh kegiatan yang di usulkan untuk kemajuan institusi, kemajuan karir dosen dan kemajuan mahasiswa selalu didukung penuh oleh institusi. Tentunya di sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh institusi.

D.2. Berikan CONTOH NYATA kendali diri, tanggung jawab, dan keteguhan pada prinsip yang Saudara tunjukkan sebagai dosen dalam implementasi manajemen/pengelolaan institusi.
  • Kendali Diri

Profesi seorang dosen merupakan salah satu  profesi yang memerlukan tanggung jawab yang besar terlebih di masyarakat profesi dosen merupakan profesi yang masih dianggap terhormat. Oleh karena itu diperlukan pengendalian diri untuk profesi ini, apalagi kita selalu bersinggungan dengan orang banyak setiap hari baik dengan rekan kerja maupun mahasiswa. Salah satu contoh pengendalian diri pada saat penyusunan borang pengajuan program studi pendidikan komputer dimana ada momen saat setiap anggota tetap kekeh dengan pendiriannya bahwa pendapatnya yang paling benar dalam sebuah diskusi, disinilah pengendalian diri memegang peranan penting yang mana saya harus mengendalikan diri agar situasi tim tetap kodusif.

Contoh nyata Pengendalian diri juga diperlukan pada saat proses bimbingan skripsi mahasiswa dimana pada saat bimbingan ada mahasiswa yang menginginkan agar proposal atau skripsinya segera di ACC, karena sudah dekat waktu akhir pendaftaran Sidang Skripsi. Padahal masih banyak komponen dari Skripsi yang perlu di tambah atau di perbaiki.

Kemudian pengendalian diri pada proses pembelajaran contohnya pada saat saya mengajar kelas sore hari dimana mahasiswa sudah lelah dengan aktivitasnya seharian dan sayapun sudah lelah dengan aktivias saya pada saat menjelaskan di depan mahasiswa gaduh di belakang sebagai manusia yang memiliki rasa emosional pasti akan terpancing untuk marah, namun marah menurut saya tidak menyelesaikan masalah hanya akan menimbulkan kesan tidak baik bagi mahasiswa. Akhirnya metode saya rubah dengan berkelompok untuk mendiskusikan materi perkuliahan.

  • Tanggung Jawab

Tanggung jawab saya sebagai seorang dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi berkomitmen selalu melaksanakan tugas dengan baik. Contohnya saat saya di beri kepercayaan oleh DIKTI melalui hibah penelitian saya yang lolos untuk didanai, tanggung jawab untuk menyelesaikan penelitian hingga tuntas serta memenuhi seluruh luaran wajib maupun luaran tambahan yang telah di sertakan pada saat pengajuan proposal penelitian. Sampai pada laporan akhir yang harus diselesaikan tepat waktu agar track record penelitian saya tetap baik yang kemungkinan akan berpengaruh pada ajuan proposal saya selanjutnya. Demikian pula untuk tanggung jawab untuk penelitian yang didanai institusi.

Bentuk tanggung jawab lainnya adalah pada saat saya dipercaya untuk menduduki jabatan sekretaris UPT. Teknologi Informasi dan di percaya untuk  membangun infra struktur jaringan dan semua unsur pendukungnya sebisa mungkin saya menyelesaikan tanggung jawab tersebut dengan sepenuh hati hingga selesai, meskipun terjadi kendala yang tidak terduga pada saat proses penyelesaiannya misalnya waktu penyelesaian yang meleset dari waktu yang di tetapkan bersama.

Bentuk tanggung jawab saya kepada mahasiswa adalah dengan datang mengajar tepat waktu sesuai kesepakatan yang telah di sepakati sebelumnya.  

  • Keteguhan pada prinsip

Dalam menjalani kehidupan setiap orang pasti memiliki prinsip hanya saja seseorang dapat teguh atau tidak pada prinsip yang telah dia tetapkan. Bagi saya pribadi prinsip yang menurut saya baik maka akan saya perjuangkan. Sebagai tanaga pengajar dan memiliki tugas utama yaitu Tridharma Perguruan Tinggi dalam hal proses pembelajaran saya memiliki prinsip untuk melakukan penilaian secara objektif dan transparan terhadap mahasiswa-mahasiswa saya.

Walaupun dalam perjalanannya ada saja mahasiswa yang memang tidak mengikuti perkuliahan dengan baik dan memperoleh nilai kurang baik yang memberikan bingkisan berupa barang bahkan uang untuk memperbaiki nilainya,  namun saya tetap teguh pada prinsip saya. Karena jika sikap demikian dibiarkan menurut saya akan diikuti oleh mahasiswa lainnya. Karena menurut saya proses perkuliahan merupakann sebuah proses memahami runtutan materi yang pada akhirnya di konversikan dengan nilai. Pada proses tersebutlah saya dapat melihat dan menilai bagaimana sikap masing-masing individu dalam mengikuti perkuliahan yang saya laksanakan. Keteguhan pada prinsip juga saya tunjukkan pada saat ada mahasiswa yang terlambat masuk kelas pada saat perkuliahan telah dimulai. Sesuai kesepakatan bersama diawal perkuliahan karena terlambat melebihi waktu yang di tentukan maka saya tetap tidak memperbolehkan mahasiswa yang bersangkutan untuk mengikuti perkuliahan saya.

E.1. Berikan CONTOH NYATA peran Saudara sebagai dosen, baik berupa kegiatan maupun pemikiran dalam meningkatkan kualitas kegiatan mahasiswa dan bagaimana dukungan institusi dalam implementasinya.
  • Peran pada kegiatan mahasiswa

Dalam dunia kampus mahasiswa merupakan bagian penting dalam proses pembeajaran, selain belajar mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa juga memiliki sejumlah kegiatan yang wajib dijalani seperti mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) wajib dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pilihan, kebetulah pada tahun 2017 saya di tinjuk untuk membina salah satu UKM pilihan yakni UKM Mapala Persada.

Sebagai pembina saya ikut dalam kegiatan penerimaan anggota baru UKM Mapala Perkasa. Sebelum mahasiswa disahkan dalam keanggotaannya dalam UKM Mapala Perkhasa calon anggota harus terlebih dahulu mengikuti kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) dalam format yang saya dan anggota mapala konsepkan pada Kegiatan diksar akan dilaksanakan di pinggiran sungai Jemelak, yang merupakan anak sungai kapuas, yang kurang lebih berjarak 40Km dari kota Sintang, disana mereka akan di didik untuk mampu bertahan hidup di alam selama 3 hari dengan perbekalan hanya beras dan peralatan masak sederhana. Sebelum kegiatan DIKSAR calon anggota wajib mengikuti kegiatan PRADIKSAR untuk melatih pengetahuan tentang bagaimana cara bertahan hidup di alam. Serta untuk melatih fisik mereka untuk mengikuti pelatihan DIKSAR.

Selain sebagai pembina mapala tahun 2018 saya juga di percaya untuk membimbing mahasiswa PPL dan KKM di desa mitra STKIP Persada Khatulstiwa Sintang. Pada kegiatan membimbing mahasiswa ini untuk PPL tidak terlalu banyak arahan yang saya berikan hanya berupa persiapan mengajar perangkat pembelajaran RPP dan silabus. Saya dan mahasiswa PPL sebelum berangkat menuju desa dan sekolah mitra mengadakan pertemuan untuk merancang kegiatan apasaja yang ingin dilakukan selama kegiatan berlangsung yang kurang lebih 4 bulan. Pada pertemuan tersebut saya menginstruksikan kepada mahasiswa PPL dan KKM untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dan di desa, untuk di desa saya menyarankan untuk mengadakan les privat 1 jam kepada anak-anak SD pada malam hari setelah sholat Isya.

  • Implementasi peran

Pengimplementasian peran saya sebagai pembina UKM Mapala Perkasa selain terlibat langsung dalam kegiatan PRADIKSAR dan DIKSAR, saya juga selalu mengadakan pertemuan sebulan dua kali untuk mendengarkan ide dan gagasan dari mahasiswa anggota UKM Mapala. Melakukan evaluasi kegiatan PRADIKSAR dan DIKSAR yang telah dilakukan. Mendiskusikan kegiatan apa saja yang akan dilakukan kedepannya. Sayangnya dukungan dari institusi untuk UKM khususnya UKM Mapala Perkasa masih belum maksimal karena dana dari institusi yang terbatas mengakibatkan mahasiswa tidak dapat hadir pada undangan-undangan kegiatan yang dilaksanakan dari UKM Mapala kampus lain di luar daerah. Undangan pertemuan antar anggota mapala dari perguruan tinggi lain hanya bisa dihadiri jika masih dalam satu kota saja.

Implementasi dari peran saya pada saat membimbing PPL dan KKM Terpadu pada desa dan sekolah dari rangkaian kegiatan yang telah di rancang beberapa kegiatan disambut baik oleh warga, salah satunya program mahasiswa yang mengajarkan Les Privat pada siswa SD pada malam hari. Menurut pengakuan orang tua siswa, dengan adanya les privat dapat mengurangi kegiatan siswa yang tidak bermanfaat seperti bermain di luar rumah pada malam hari dan  mengurangi waktu siswa menonton televisi yang kurang bermanfaat.

E.2. Berikan CONTOH NYATA interaksi yang Saudara tunjukkan dalam peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa dan manfaat kegiatan baik bagi mahasiswa institusi Saudara, maupun pihak lain yang terlibat.
  • Interaksi dengan mahasiswa

Setiap satu kali dalam semester saya menjadwalkan untuk mengadakan pertemuan dengan  mahasiswa bimbingan akademik pada pertemuan itu kami mengevaluasi seluruh kegiatan perkuliahan pada semester sebelumnya, memberikan motivasi kepada mahasiswa saya untuk dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu. Tidak hanya itu mahasiswa bimbingan akademik saya juga bisa berdiskusi dengan saya untuk permasalahan pribadi yang mengganggu proses perkuliahannya contoh paling sering adalah kemempuan finansial yang minim yang mengakibatkan mahasiswa ingin berhenti kuliah.

Interaksi dengan mahasiswa pecinta alam UKM Mapala Perkasa juga selalu saya lakukan dengan memberikan wawasan bahwa dengan bergabung di UKM pecinta alam bukan berarti akan menjadi mahasiswa yang akan lama lulus seperti paradigma mahasiswa pada umunya. Hal itu tergantung kemauan dan niat dari masing-masing mahasiswa saja.

Disela-sela kegiatan PPL dan KKM terpadu ada kegiatan monitoring peserta PPL dan KKM yang mana pada kegiatan tersebut sebagai pembimbing harus kesekolah-sekolah dan desa untuk menanyakan permasalah atau kendala yang terjadi selama mahasiswa mengajar di sekolah dan tinggal di desa serta berinteraksi dengan warga. Biasanya dari desa tidak banyak yang perlu di benahi karena mahasiswa sudah bisa berinteraksi dengan warga.

Permasalahan yang saya temui ada pada sekolah dimana menurut cerita para guru yang menjadi guru pamong permasalah mahasiswa pada saat mengajar adalah pada pengelolaan kelas.

Keluhan guru inilah yang saya diskusikan dengan mahasiswa PPL dan KKM agar kedepannya lebih memperhatikan pengelolaan kelas, serta saya memberi masukan pada saat mengajar hendaknya menggunakan media atau model yang menarik.

  • Manfaat kegiatan

Pembimbing Akademik Merupakan tugas yang dilakukan dosen untuk memastikan mahasiswa tidak keluar dari koridor yang telah di tetapkan institusi. Manfaat kegiatan dari pembimbingan akademik yang saya lakukan untuk memastikan mahasiswa dapat lulus tepat pada waktunya dan memberikan motivasi agar dapat segera menyelesaikan kuliah. Manfaat lainnya adalah mahasiswa menjadi termotivasi dan lebih yakin dalam menjalankan setiap kegiatan.

Manfaat dari kegiatan UKM Mapala bagi mahasiswa adalah memberi wawasan tentang cara berorganisasi yang benar, menjalin kerjasama, saling berkoordinasi, berdiskusi dalam memecahkan masalah, dan mencintai alam tentunya. Selain itu saya juga selalu mendukung anggota UKM Mapala untuk mengikuti lomba antar UKM Mapala Se-Kota Sintang pada tahun 2017 Alhamdulillah anggota UKM Mapala Perkasa mendapatkan peringkat kedua dalam lomba lagu akustik yang diadakan UKM Mapala Universitas Kapuas Sintang.

Kegiatan membimbing mahasiswa PPL dan KKM memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh sekolah dan desa mitra manfaat yang di dapatkan oleh sekolah antara lain dengan adanya kegiatan PPL dan KKM sekolah yang kekurangan tenaga pengajar menjadi sangat terbantu dengan hadirnya mahasiswa PPL dan KKM dan memang PPL dan KKM STKIP Persada Khatulistiwa ditujukan ke sekolah-sekolah pedesaan yang masih kekurangan tenaga pengajar. Manfaat lain bagi mahasiswa salah satunya adalah mahasiswa menjadi lebih percaya diri, mahasiswa juga bisa berkonsultasi dengan guru-guru pamong yang lebih senior dalam mengelola kelas dan pembuatan perangkat pembelajaran.

Demikian pembahasan tentang Contoh Isian Deskripsi Diri Sertifikasi Dosen (SERDOS) Yang Lulus Tahun 2019 semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan jika pembahasan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan share/bagikan pembahasan ini. Terima kasih telah berkunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.