Attitude (Sikap) dan kemampuan yang harus dimiliki Dosen di era Pendidikan 4.0

Diposting pada

Pendidikan adalah Kehidupan, Banyak hal yang akan terjadi di masa depan menurut prediksi futurology. Kedepannya populasi dunia akan meningkat, manusia akan semakin pandai karena akses pendidikan semakin mudah dan manusia akan semakin bersaing ketat dalam segala bidang kehidupan. Menghadapi tantangan tersebut, kemampuan dosen akan skill & kompetensi teknis yang baik memang sangat dibutuhkan, tapi kita tidak boleh melupakan ada faktor lain yang sangat menentukan bila ingin bertahan dan memberikan dampak yang positif dalam pendidikan di era pendidikan 4.0, yaitu sikap (attitude) disertai kemampuan yang harus dimiliki untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Setidaknya ada 6 sikap yang dibutuhkan dosen , yaitu :

Rendah hati ( Humility )

Kerendahan hati berarti kita mengetahui kalau sepandai apa pun kita dalam pengetahuan dan kemampuan, akan selalu ada orang yang lebih baik dari kita dan kita bisa belajar banyak dari siapapun baik melalui senior atau junior, bila kita mau terus terbuka untuk belajar dan menerima masukan serta kritik yang ditujukan pada kita untuk menjadi lebih baik.

Pikiran yang terbuka ( Open Mind )

Seringkali kita temukan kalau kita bisa belajar melalui semua kejadian-kejadian & orang -orang yang ada dalam kehidupan kita baik besar maupun kecil. Kita harus tetap terbuka dan siap bila tiba saatnya wawasan baru tersebut datang untuk dipelajari dalam kehidupan kita.

Baca Juga:   Kebiasaan Membaca Opini

Kemampuan dalam menyimak ( Listening Skill )

Kemampuan dalam menyimak, menerima instruksi dan bukan hanya mendengarkan merupakan hal yang penting. Menyimak berarti kita mampu menyerap informasi secara utuh dan bukan hanya mendengarkan informasi yang disampaikan, tapi juga mengetahui hal-hal tidak tersirat apa saja yang menjadi maksud sesungguhnya dari informasi yang disampaikan tersebut.

Bekerja sebagai Tim ( Team work )

Kita tidak bisa mencapai sesuatu yang besar sendirian. Oleh karena itu, untuk memproduksi suatu karya yang bisa memberikan dampak luas, dibutuhkan kerjasama dalam suatu tim. Kemampuan untuk bisa bekerja sama dalam tim dan kemampuan untuk berkomunikasi yang baik serta jelas dengan sesama rekan kita merupakan suatu kemampuan (skill) yang sangat berharga.

Mindset sebagai Pemberi Solusi ( Problem Solver )

Kita harus menyadari kalau keberadaan kita di intitusi/lembaga pendidikan sebenarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah yang ada dalam kehidupan peserta didik kita. Oleh karena itu, sangat penting bila kita tidak hanya memikirkan segi teknis saja tapi bagaimana dengan sisi teknis yang kita ketahui tersebut bisa memecahkan masalah serta memberikan jawaban yang dibutuhkan oleh peserta didik kita.

Profesionalisme ( Professionalism )

Yang dimaksud dengan profesionalisme ialah kemampuan untuk berkomitmen terhadap tugas dan tanggungjawab yang diemban sampai selesai dengan kualitas dan tenggat waktu yang sudah di tentukan, serta tidak mencampur adukkan masalah pribadi sehingga tidak berpengaruh pada kelangsungan pekerjaan dan menjaga kepercayaan.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning)

Selain sikap tersebut diatas, seorang dosen harus memiliki kemampuan untuk dapat meraih sukses dalam berkarier di masa depan. Kemampuan apa saja yang harus dimiliki?

☑ Kemampuan adaptasi, kemampuan ini maknanya adalah kemampuan memperbarui skill atau kemampuan yang dimiliki dan mampu merubah sikap perilaku yang lebih baik dan lebih professional.

☑ Kemampuan memadukan antara kecerdasan otak (IQ), kecerdasan emosi(EQ) dan kecerdasan hati (SQ), dengan terpadunya 3 kecerdasan diatas maka seseorang dapat memenangkan masa depan.

☑ Kemampuan bersikap mandiri yaitu tidak banyak tergantung kepada orang lain sehingga lebih banyak bersikap kreatif dan selalu belajar memperbaiki kemampuan.

☑ Kemampuan berkomunikasi sehingga bisa dan mampu bernegosiasi.

☑ Kemampuan membangun solusi sehingga bisa berkontribusi maksimal untuk kemajuan pendidikan dan intitusi.

☑ Kemampuan bereksperimen dengan hal-hal baru dibidangnya sehingga akan banyak bermanfaat untuk masyarakat secara umum, dan khususnya pengembangan dan penyebarluasan ilmu dan pengetahuan.

☑ Kemampuan belajar, caranya belajar untuk bisa mempelajari dengan cepat informasi yang begitu banyak dan cepat.

Demikian sikap dan kemampuan yang penting di miliki seorang dosen untuk bisa memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan orang banyak.

Yusrin Ahmad Tosepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.