Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery

Diposting pada

Pengertian dan Langkah-langkah Metode Pembelajaran Discovery – Metodologi pembelajaran atau metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan pembelajaran kepada siswa sehingga siswa mudah untuk menerima materi yang diajarkan oleh guru.

Metode discovery merupakan proses mental siswa mampu mengasimilasi suatu proses atau prinsip-prinsip. ( Roestiyah, 1991 ). Disimpulkan oleh penulis bahwa metode discovery ini adalah dimana siswa bisa mendapatkan hasil yang sama pada akhirnya dengan cara yang berbeda sesuai dengan pemikirannya masing-masing. Dalam hal inipada siswa diharapkan siswa dapat mendapatkan tema serta membuat larik-larik yang indah sesuai dengan imajinasinya sendiri tanpa ditentukan oleh guru. Setelah proses terjadi dan hasil diperoleh kemudian guru akan menjelaskan cara yang sebenarnya dengan hasil yang sama sebagai penyelsaian dari masalah yang ditemukan oleh siswa pada saat siswa menemukan atau berjalan sendiri.

Menurut Subana metode discovery adalah suatu metode unik dan dapat disusun olehguru dalam berbagai cara, meliputi pengajaran keterampilan inquiry dan pemecahan masalah untuk mencapai tujuan pendidikan.

  1. Ciri – Ciri Metode Discovery

Dalam proses belajar mengajar tradisional, guru sering mengajar untuk menyelsaikan target materi pelajaran. Apabila dapat menyelesaikan target pealajarannya, dia merasa bahwa tanggung jawabnya sebagai guru telah terpenuhi. Dia tidak menyadari bahwadalam proses belajar semacam ini, targetmateri pelajaran yang diberikan cukup banyak, tetapi siswa belajar lebih sedikit. Orientasi guru itu memandang siswa sebagai tempat penyimpanan ilmu pengetahuan dan proses mengajarnya bersifat subjek-centered.

Dalam proses belajar mengajar discovery-inqiury, guru lebih sedikit memberikan materi pelajaran kepada siswa. Sebaliknya, siswa belajar dan memperoleh pengalaman yang lebih banyak. Orientasi guru ialah memandang siswa sebagai individu yang memiliki potensi yang perlu dikembangkan. Guru lebih memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan kognitif dan kreativitas siswa. Proses mengajar semacam ini bersifat student-centered dengan tujuan mengembangkan bakat siswa dan membantu siswa mengembangkan self-consept-nya.

Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Prediction Guide
  1. Keunggulan Metode Discovery

Setiap metode pembelajaran pasti memiliki keunggulan maupun kelemahan tersendiri. Pada sub bab berikut ini penulis mendeksripsikan tentang keunggulan jika metode discovery ini diterapkan pada siswa pada proses pembelajaran.

              Menurut Yamin (2003) mengatakan metode discovery (penemuan) memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

  1. Dapat membangkitkan kegairahan belajar pada diri siswa.
  2. Teknik ini mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuan masing-masing.
  3. Teknik ini mampu membantu siswa mengembangkan, memperbanyak kesiapan serta penguasaan keterampilan dalam proses kognitif atau pengarahan siswa.
  4. Siswa memperoleh pengetahuan yang bersifat sebagai sangat pribdi atau individual sehingga kokoh/mendalam tertinggal dalam jiwa siswa tersebut.

Dari apa yang dijelaskan diatas sehingga disimpulkan oleh penulis bahwa dalam pembelajaran menulis puisi siswa akan lebih bergairah dan mampu mengembangkan inspirasinya menjadi sebuah puisi yang indah dan memenuhi kriteria penilaian yang sudah ditentukan. Siswa mampu mengembangkan potensi sebagai seorang seniman pada dirinya.

  1. Kelemahan Metode Discovery

Setiap metode pembelajaran pasti memiliki keunggulan maupun kelemahan tersendiri. Pada sub bab berikut ini penulis mendeksripsikan tentang keunggulan jika metode discovery ini diterapkan pada siswa pada proses pembelajaran.

Menurut Yamin (2003) mengatakan metode discovery (penemuan) memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut :

  1. Ada yang berpendapat bahwa proses mental ini meningkatkan proses pengertian saja.
  2. Teknik ini tidak memberikan kesempatan berpikir kreatif.
  3. Para siswa harus ada kesiapan dan kematangan mental.
  4. Bila kelas terlalu besar penggunaan teknik ini kurang berhasil.
  5. Bagi guru dan siswa yang sudah biasa dengan perencanaan dan pengajaran tradisional akan kecewa bila diganti dengan teknik penemuan.
Baca Juga:   Pengertian dan Langkah-langkah model Pembelajaran Artikulasi

Dari kelamahan yang ada dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak metode yang bisa digunakan, namun pada pembelajara ini penulis menggunakn metode discovery untuk memudahkan siswa dalam menulis puisi. Karena pembelajaran ini menuntut siswa untuk melepaskan inspirasinya.

  1. Langkah-langkah Penerapan Metode Discovery

              Cara mengajar dengan metode discovery menurut mulyasa (2005:110) menempuh langkah sebagai berikut :

  1. adanya masalah yang dipecahkan.
  2. Sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik.
  3. Konsep atau prinsip yang ditemukan oleh peserta didik melalui kegiatan tersebut perlu dikemukan dan ditulis secara jelas.
  4. Harus tersedia alat dan bahan yang diperlukan.
  5. Susunan kelas disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan terlibat aliran bebas pikiran peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.
  6. Guru harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan data.
  7. Guru harus memberikan jawaban dengan tepat dengan data serta informasi yang diperlukan.

Berdasarkan langkah-langkah tersebut disimpulkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan metode ini siswa bebas mengekspresikan inspirasinya karena dengan menggunakan metode ini siswa bebas berkreasi dengan gayanya sendiri, tanpa terikat aturan atau petunjuk dari guru. Jika terjadi kesalahan pada akhir refleksi akan dijelaskan sehingga tidak terjadi salah pengertian meskipun dengan cara tersendiri namun hasil akhirnya sama.

Pada pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode discovery siswa diberikan tugas menulis puisi bebaskemudian siswa menulis puisi dengan menggunakan inspirasinya sendiri, pada akhir pembelajaran siswa dijelaskan tentang tentang bagaimana membuat puisi yang benar dan bagaimana cara mudah dalam membuat puisi sehingga jika terjadi kesalahan siswa mampu memperbaiki pada pembelajaran berikutnya. Dan bagi siswa yang sudah mengerti dalam menulis puisi akan lebih mendalami puisi secara puitis. Mengerti bahwa bagaimana cara menulis puisi dengan baik dan mampu memperjelas kembali maksud yang akan disampaikan.

Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Concept Sentence

Demikian artikel singkat tentang Pengertian dan Langkah-langkah Metode Pembelajaran Discovery semoga bermanfaat bagi anda dan jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda, silahkan share artikel ini. Terima kasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.