Ciri-Ciri Metode Pembelajaran yang Baik – Banyak metode yang bisa dipilih oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu setiap guru yang akan mengajar diharapkan untuk memilih metode yang baik. Karena baik dan tidaknya suatu metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar terletak pada ketepatan memilih suatu metode sesuai dengan tuntutan proses belajar mengajar.
Adapun menurut Fathurrohman dan Sutikno (2014: 56) ciri-ciri metode yang baik untuk proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
- Bersifat luwes, fleksibel dan memiliki daya yang sesuai dengan watakmurid dan materi.
- Bersifat fungsional dalam menyatukan teori dengan praktik danmengantarkan murid pada kemampuan praktis.
- Tidak mereduksi materi, bahkan sebaliknya mengembangkan materi.Memberikan keleluasaan pada murid untuk menyatakan pendapat.
- Mampu menempatkan guru dalam posisi yang tepat, terhormat dalamkeseluruhan proses pembelajaran.
Sedangkan menurut Ahmadi dan Prastya (2005:53) penggunaan suatu metode pembelajaran harus memperhatikan beberapa hal berikut:
- Metode yang digunakan dapat membangkitkan motif, minat ataugairah belajar murid.
- Metode yang digunakan dapat menjamin perkembangan kegiatankepribadian murid.
- Metode yang digunakan dapat memberikan kesempatan kepada muriduntuk mewujudkan hasil karya.
- Metode yang digunakan dapat merangsang keinginan siswa untukbelajar lebih lanjut, melakukan eksplorasi dan inovasi.
- Metode yang digunakan dapat mendidik murid dalam teknik belajarsendiri dan cara memperoleh ilmu pengetahuan melalui usaha pribadi.
- Metode yang digunakan dapat meniadakan penyajian yang bersifatverbalitas dan menggantinya dengan pengalaman atau situasi yangnyata dan bertujuan.
Dari uraian di atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa suatu metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar bisa dikatakan baik jika metode itu bisa mengembangkan potensi peserta didik.
Prinsip-Prinsip Penentuan Metode Pembelajaran
Dalam proses belajar mengajar guru dalam menentukan metode hendaknya tidak asal pakai, guru dalam menentukan metode harus melalui seleksi yang sesuai dengan perumusan tujuan pembelajaran. Metode apapun yang dipilih dalam kegiatan belajar mengajar hendaklah memperhatikan ketepatan (efektifitas) metode pemebelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
Metode apapun yang dipilih dalam kegiatan belajar mengajar hendaklah memperhatikan beberapa prinsip yang mendasari urgensi metode dalam proses belajar mengajar menurut Fathurrohman dan Sutikno (2014: 56) yakni :
- Prinsip motivasi dan tujuan belajar. Motivasi memiliki kekuatan sangat dahsyat dalam proses pembelajaran. Belajar tanpa motivasi seperti badan tanpa jiwa, atau laksana mobil tanpa bahan bakar.
- Prinsip dan kematangan dan perbedaan individual. Belajar memiliki masa kepekaan masing- masing dan tiap anak memiliki tempo kepekaan yang tidak sama.
- Prinsip penyediaan peluang dan pengalaman praktis. Belajar dengan memperhatikan peluang sebesar- besarnya bagi partisipasi anak didik dan pengalaman langsung oleh anak didik jauh memiliki makna ketimbang belajar verbalistik.
- Integrasi pemahaman dan pengalaman. Penyatuan pemahaman dan pengalaman menghendaki suatu proses pembelajaran yang mampu menerapkan pengalaman nyata dalam suatu proses belajar.
- Prinsip fungsional. Belajar merupakan proses pengalamn hidup yang bermanfaat bagi kehidupan berikutnya.
- Prinsip menggembirakan. Belajar merupakan proses yang ters berlanjut tanpa henti, tentu seiring kebutuhan dan tuntutan yang terus berkembang.
Demikian ulasan singkat tentang Ciri-Ciri Metode Pembelajaran yang Baik semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan jika ulasan ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share ulasan berikut. terima kasih telah berkunjung