Cara Menentukan Metode Pembelajaran – Menentukan metode pembelajaran merupakan salah satu tugas guru sebagai pengembang kurikulum di sekolah. Penentuan metode pembelajaran ini erat hubungannya dengan pemilihan strategi pembelajaran yang paling efektif dan efisien dalam proses belajar-mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. Waridjan dkk (1984 dalam Rusman, 2012: 68) “mengartikan strategi pembelajaran sebagai kegiatan yang dipilih guru dalam proses belajar-mengajar, yang dapat diberikan kemudahan atau fasilitas kepada anak didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran”.
Dalam menentukan suatu metode dalam pembelajaran hendaknya disesuakan dengan perilaku siswa. Menurut Oemar Hamalik (2013: 27) “metode atau strategi pembelajaran menempati fungsi yang penting dalam kurikulum, kerena memuat tugas-tugas yang perlu dikerjakan oleh siswa dan guru. Karena itu, penyusunannya hendaknya berdasarkan analisa tugas yang mengacu pada tujuan kurikulum dan berdasarkan perilaku siswa”. Terkait dengan cara menentukan suatu metode pembelajaran Sudjana (1989 dalam Rusman, 2012: 68) berpandangan bahwa “ada tiga hal yang harus menjadi pertimbangan dalam menentukan metode mengajar yang akan digunakan, yaitu: (a) tujuan pengajaran yang ingin dicapai; (b) bahan ajar yang akan diajarkan; (c) jenis kegiatan bejar pada anak dididk yang diinginkan”.
Keefektifan Pembelajaran
Pembelajaran yang baik belum tentu bisa efektif jika penerapannya tidak tepat dan tidak sesuai dengan kondisi dalam proses belajar-mengajar. Menurut Martinis Yamin (2013: 98) keefektifan pembelajaran dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pembelajar atau pendidik yang melaksanakan pembelajaran dan dari sisi peserta didik yang belajar. Dilihat dari sisi pembelajar, pembelajaran dikatakan efektif apabila pembelajaran mampu menstimulasi aktifitas peserta didik secara optimal untuk melakukan kegiatan belajar dan seluruh atau sebagian besar aktivitas yang direncanakan dapat terlaksana.
Sementara bila dilihat dari sisi peserta didik, pembelajaran dikatakan efektif apabila pembelajaran tersebut dapat mendorong peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan belajar secara aktif, dan di akhir pembelajaran para peserta didik mampu menguasai seluruh atau sebagian besar tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dan penguasaan pengetahuan tersebut dapat bertahan dalam waktu yang relatif lama. Pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila pembelajaran tersebut mampu memberikan pengalaman baru kepada siswa untuk membentuk kompetensi siswa, serta mengantarkan mereka ke tujuan yang ingin mereka capai secara optimal (Rusman, 2012: 325).
Demikian artikel singkat tentang Cara Menentukan Metode Pembelajaran semoga dapat menjadi referensi bagi anda dan jika artikel ini bermanfaat bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. terima kasih telah berkunjung.