Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Proyek Respon Kreatif

Diposting pada

Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Proyek Respon Kreatif – Menurut Dananjaya (2013: 101) “Model pembelajaran proyek adalah melaksanakan tugas melalui serangkaian aktivitas”. Adapun aktivitas-aktivitasnya adalah sebagai berikut :

Aktivitas pertama adalah mengamati dengan menghitung, mengukur, menimbang, mengklasifikasi, mencari hubungan dengan ruang dan waktu. Kedua, membuat hipotesis atau prediksi. Ketiga, merencanakan penetapan kegiatan seperti kegiatan penelitian dan eksperimen. Keempat, menginterprestasi kejadian-kejadian dalam kegiatan dan menganalisinya. Kelima, menyusun kesimpulan dengan mendeskripsikan hasil atau memecahkan masalah yang ada. Keenam, mengomunikasikannya.

Keenam kegiatan pokok tersebut perinciannya adalah serangkaian perilaku pada ilmuan dalam penemuan-penemuan atau pemecahan masalah. Melibatkan siswa dalam rangkaian kegiatan ini adalah proses belajar atau pembelajaran yang tidak terbatas untuk mengetahui, tetapi juga mengembangkan potensi fisik dan psikis  bahkan mendorong prakarsa dan kreativitas inilah yang dimaksud proses pembelajaran agar siswa aktif mengembangkan potensinya sendiri. .

Proyek-proyek ini dimulai dari yang sederhana dengan hanya memperhatikan/mengamati kemudian sudah bisa mengkomunikasikan secara singkat hasil pengamatannya, meningkat pada proyek yang lebih tinggi, pengamatan ditambah dengan kegiatan menghitung, mengukur, menimbang, mengklasifikasi, kemudian pada tingkat yang lebih kompleks juga dilakukan analisis.

  1. Model pembelajaran proyek respon kreatif

Menurut Dananjaya (2013: 119) “Salah satu tanda seseorang disebut kreatif adalah mampu memberikan respon secara cepat dan beragam terhadap suatu rangsangan”. Misalnya memberikan respon ketika ditunjukan gambar/foto seperti pasar. Orang yang kreatif akan langsung menyebutkan persepsinya tentang gambar tersebut, bahkan jika diminta secara terus-menerus tanpa terputus. Menurut Dananjaya (2013: 119)  menyatakan bahwa :

Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Study Group

Perlengkapan dan proses pembelajaran proyek respon kreatif adalah sebagai berikut ini :

  1. Perlengkapan

Gambar pasar pada zaman dahulu dan pasar zaman sekarang

  1. Langkah-langkah model pembelajaran proyek respon kreatif
  • Guru menunjukan foto artis, contoh : “Iwan Fals”
  • Siswa merespon dengan menyebutkan beberapa kata yang ada kaitannya dengan gambar tersebut. (guru terus menggali agar siswa tidak berhenti sampai yang ditentukan)
  • Guru menunjukan gambar pasar pada zaman dahulu dan membandingkan dengan pasar sekarang ini
  • Guru menanyakan kegunaan atau fungsi dari pasar
  • Kelas dibagi kelompok masing-masing tiga orang
  • Guru memberi tugas masing-masing kelompok diminta merespon kegunaan dari gambar yang akan ditunjukan.
  • Guru menunjukan gambar berbagai jenis pasar
  • Dalam dua menit, setiap kelompok diminta menulis jenis-jenis pasar yang telah di tampilkan
  • Setiap kelompok menyampaikan daftar kegunaan yang diperolehnya
  • Diskusi tentang makna pembelajaran, bahwa yang paling banyak merespon dalam waktu yang sama disadari sebagai anak yang paling kreatif atau luas pengetahuannya.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian dan Langkah-langkah Model Pembelajaran Proyek Respon Kreatif semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda, jika artikel ini dirasa berguna bagi anda silahkan bagikan/share artikel ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.