Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning)

Diposting pada

Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) – Menurut Gulo (dalam Al-Tabani, 2014: 78) menyatakan strategi inkuiri berarti suatu rangkaian kegatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri. Menurut Al-Tabani (2014: 147) inkuiri merupakan bagian inti dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan ketersmpilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta, melainkan hasil dari menemukan sendiri.

Menurut Al-Tabani (2014: 80) pembelajaran inkuiri memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu :

  1. Pertama, pembelajaran inkuiri menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan

  2. Kedua, seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencri dan menemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga diharapkan untuk dapat menumbuhkan sikap percaya diri.

  3. Ketiga, tujuan dari pembelajaran inkuiri yaitu mengembangkan kemampuan berfikir secara sistematis, logis, dan kritis, atau mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental.

  4. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Inquiry

Menurut Al-Tabani (2014: 82), model inkuiru masalah memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:

  1. Kelebihan Model Pembelajaran Inquiry yaitu :

  2. Pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui pembelajaran ini dianggap jauh lebih bermakna.

  3. Pembelajaran ini dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya mereka.

  4. Pembelajaran ini merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar moderen yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.

  5. Keuntungan lain yaitu dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di ata rata-raa. Artinya, siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar.

  6. Kekurangan Model Pembelajaran Inquiry yaitu :

  7. Sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa

  8. Sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar

  9. Kadang-kadang dalam mengimplementasikannya memerlukan waktu yang panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan

  10. Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka startegi ini tampaknya akan slit di implementasikan

  11. Langkah-Langkah Model Pemebelajarn Inkuiri

Baca Juga:   Pengertian Model Pembelajaran Questions Students Have

Langkah-langkah kegiatan inkuiri adalah sebagai berikut :

  1. Merumuskan masalah

  2. Mengamati atau melakukan observasi

  3. Menganalisis dan menyajikan hasil dalam tulisan, gambar, laporan, bagan, tabel, dan karya lainnya

  4. Mengkomunikasikan atau mnyajikan hasil karya pada pembaca, teman sekelas, guru, audiens yang lainnya

Demikian artikel singkat tentang Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda, jika artikel ini dirasa berguna bagi anda silahkan bagikan/share postingan ini. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.